6 Mitos Kulit Berminyak Pada Wajah

Ada beberapa mitos lain tentang kulit berminyak pada wajah yang perlu kamu ketahui. Berikut penjelasannya.
Kulit berminyak (Foto: Tagar/Pexels/Anna Nekrashevich)

Jakarta - Bagi kalian pemilik kulit berminyak mungkin pernah berpikir atau melakukan seperti tidak memakai pelembab atau mencuci muka beberapa kali sehari. Faktanya, dua hal ini hanya mitos yang beredar untuk mengurangi produksi sebum yang berlebih. 

Ada beberapa mitos lain tentang kulit berminyak pada wajah yang perlu kamu ketahui. Berikut penjelasannya yang sebagaimana telah dirangkum dari berbagai sumber.


Mitos: Mencuci Muka Lebih dari Dua Kali Sehari

Semakin sering mencuci muka, kulit bisa menjadi semakin kering dan bisa kehilangan minyak karena produksi yang berlebihan. Lebih baik lakukan dua kali sehari, pagi dan malam hari. Selain itu, jangan lupa untuk lakukan exfoliasi setiap seminggu sekali untuk mengangkat sel-sel kulit mati.


Mitos: Kulit Berminyak tidak membutuhkan Moisturizer

Bagi sebagian orang mungkin berpikir jika tipe kulit berminyak tidak memerlukan pelembab tambahan setiap hari. Namun, pemikiran itu salah. Semua jenis kulit membutuhkan hidrasi. Kuncinya adalah menemukan kandungan yang diformulakan sesuai jenis kulitmu.


Mitos: Kertas Minyak Mengurangi Produksi Sebum

Faktanya adalah blotting papers atau kertas minyak hanyalah solusi sementara untuk menghilangkan produksi minyak yang ada di permukaan kulit. Tidak ada perubahan yang permanen dalam produksi minyak yang akan terjadi karena penggunaan kertas minyak. Namun, penggunaan kertas minyak menjadi cara mudah untuk menghilangkan kilau minyak sepanjang hari.


Mitos: Kulit Berminyak Disebabkan Oleh Makanan Gorengan

Tidak ada penelitian yang membuktikan jika mengonsumsi makanan yang digoreng semakin memperbanyak produksi minyak. Namun, apabila setelah mengonsumsi suatu makanan, kondisi kulitmu lebih berminyak dan bernoda, segera konsultasikan pada dokter.


Mitos: Memakai Sunscreen Semakin Membuat Kondisi Lebih Buruk

Banyak yang beranggapan memakai sunscreen semakin menambah minyak dan berat. Sebenarnya, tidak semua sunscreen sama. Sebaiknya pilih formula yang ringan, bebas minyak, dan tidak menyumbat pori-pori agar kulit tetap terlindungi sepanjang hari.


Mitos: Kulit Berminyak Sudah Pasti Jerawatan

Dalam beberapa hal, kulit berminyak dan jerawat terjadi pada saat bersamaan. Hal itu karena produksi sebum yang berlebih di permukaan kulit dan menyumbat pori-pori bersamaan dengan kotoran dan sel kulit mati kemudian bercampur dengan bakteri. Bukan berarti kulit berminyak sudah pasti jerawatan. Ada banyak faktor lain yang mendatangkan jerawat, seperti perubahan hormonal, genetika, dan stres.[]


(Retno Ayuningrum)

Baca Juga:

Berita terkait
Cara Memilih Foundation yang Tepat untuk Warna Kulit
Tidak sedikit dari orang-orang yang menggunakan foundation ini merasa sulit menemukan produk yang tepat untuk warna kulit.
Ragam Manfaat Moringa atau Daun Kelor untuk Kesehatan Kulit
Moringa atau daun kelor sering dijadikan sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai penyakit
Lee Hi Ungkap Rahasia Sempurna Kulit Idola Korea
Penyanyi solo asal Korea Selatan, Lee Hi membagikan rahasia kulit mulus dan sempurna idola-idola Korea walau di tengah jadwal yang padat.
0
6 Mitos Kulit Berminyak Pada Wajah
Ada beberapa mitos lain tentang kulit berminyak pada wajah yang perlu kamu ketahui. Berikut penjelasannya.