Cara Memilih Foundation yang Tepat untuk Warna Kulit

Tidak sedikit dari orang-orang yang menggunakan foundation ini merasa sulit menemukan produk yang tepat untuk warna kulit.
Ilustrasi foundation. (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Foundation adalah produk kosmetik yang bisanya dipakai sebelum mengunakan bedak, yang berguna untuk meratakan warna kulit. Tidak sedikit dari orang-orang yang menggunakan foundation ini merasa sulit menemukan produk yang tepat untuk warna kulit.

Foundation ini banyak macamnya dalam berbagai formula, warna, coverage (daya tutup yang diberika produk), dan komposisi. Semua produk dari foundation ini memiliki beberapa kategori yang diantaranya cair, krim, dan bubuk. Dilansir dari youtube channel Rachel Goddard, berikut cara memilih foundation yang tepat untuk warna kulit.


1. Mengetahui warna undertone

Undertone adalah warna kulit asli yang kamu miliki. Sebelum kamu memilih foundation alangkah baiknya untuk mengetahui undertone terlebih dahulu. Undertone dibagi menjadi tiga yaitu warm undertone (kuning), cool/rose undertone (pink), neutral undertone (pink/kuning).

Cara mengetahui warna kulit ketiga tadi, kamu bisa mellihat warna pembuluh vena yang berada di bagian pergelangan tangan. Jika warna dominan dengan hijau makan kamu termasuk kedalam warm undertone (kuning), jika pembuluh vena berwarna biru kamu termasuk kedalam cool/rose undertone (pink), dan yang terakhir jika pembuluh vena berwarna hijau/ungu kamu termasuk kedalam neutral undertone.


2. Memilih area kulit untuk mencoba warna foundation

Area yang lebih tepat untuk mencoba warna foundation adalah di kulit wajah/leher dan bukan di kulit tangan. Karena warna tangan jauh lebih gelap dari pada warna kulit wajah, mungkin ini adalah salah satu kamu salah memilih warna foundation.

Jika kamu terlanjur membeli foundation yang lebih gelap dari kullit, kamu bisa mengakalinya dengan mencapurkan contour yang lebih putih atau mencampurkan dengan sunscreen ke dalam foundation. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan beauty adviser jika kamu masih belum menemukan warna foundation yang tepat.

(Ghariza Syifa Riyashi)


Baca Juga :






Berita terkait
Tips Memilih Warna Foundation ala Tasya Farasya
Saat memakai foundation, kamu perlu memperhatikan warna yang cocok untuk kulit.
Tips Makeup Tanpa Foundation untuk Sehari-hari, ala Devienna Setiawan
Berikut Tagar rangkumkan tutorial makeup tipis tanpa foundation untuk sehari-Hari ala Devienna Setiawan.
Fungsi Alas Bedak Primer, Foundation, Concealer
kaum remaja yang baru mengenal dunia per-make-up-an harus bisa membedakan tiga fungsi alas bedak primer, foundation, dan juga concealer.
0
Cara Memilih Foundation yang Tepat untuk Warna Kulit
Tidak sedikit dari orang-orang yang menggunakan foundation ini merasa sulit menemukan produk yang tepat untuk warna kulit.