UNTUK INDONESIA
Sujaspa Penangkal Covid-19 dari Mamasa Sulbar
Sujaspa minuman penangkal virus corona dari Kabupaten Mamasa Sulawesi Barat. Ini bahan pembuatannya.
Minuman Sujaspa racikan Piladelfia dari kabupaten Mamasa Sulawesi Barat (Sulbar). (Foto: Tagar/Eka Musriang)

Mamasa - Ditengah Maraknya pandemi Covid-19 atau virus Corona, salah satu wilayah di Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat (Sulbar), tepatnya di Dusun Salu Lemo, Desa Tampakurra, Kecamatan Tabulahan, setiap minggunya meracik minuman yang dipercaya mampu menangkal virus mematikan itu.

Minuman racikan dari campuran susu, jahe, sereh, serta kelapa, dan diberi nama Sujaspa. Jauh sebelum Covid-19 ada, masyarakat setempat sudah setiap minggunya mengkonsumsi minuman sejenisnya yakni Sara'ba (minuman berbahan sereh dan jahe asal Makassar).

Saya gratiskan karena ini sebagai pencegahan penyebaran Covid-19 disini. Siapa saja yang mau minum, silahkan! Tidak dipungut biaya.

Namun karena di daerah tersebut gula merah sangat susah didapatkan, mereka akhirnya membuat racikan baru dengan menggunakan susu sebagai pengganti gula merah.

"Racikan ini baru beberapa kali kami buat. Sebenarnya kami mau buat Sara'ba, tapi karena gula merah susah didapat, jadi kami buat racikan baru dengan bahan utama susu pengganti gula merah,"kata Piladelfia, 45 tahun, peracik minuman yang dia namai Sujaspa, kepada Tagar, Senin 23 Maret 2020.

Dia mengaku, minuman yang diraciknya itu tidak diperjualbelikan kepada warga yang ingin meminumnya maupun orang yang lewat dan singgah dirumahnya untuk menikmati minuman racikannya itu.

"Saya gratiskan karena ini sebagai pencegahan penyebaran Covid-19 disini. Siapa saja yang mau minum, silahkan! Tidak dipungut biaya," ujarnya kepada Tagar, Senin 23 Maret 2020.

Salah satu warga, Demianus, 33 tahun mengaku, setiap minggunya, dia selalu berkunjung ke rumah Piladelfia untuk menikmati minuman yang diraciknya.

"Kalau saya sudah lihat Piladelfia menuju kebunnya mengambil jahe, saya langsung bersiap untuk kembali menikmati Sujaspa racikannya,"ungkap Demianus sambil tertawa melihat kearah Piladelfia si peracik minuman Sujaspa.

Dari beberapa penelitian mengungkapkan bahwa jahe memiliki khasiat yang memang ampuh untuk menangkal virus-virus tertentu, termasuk virus Corona itu sendiri.

Untuk menikmati minuman Sujaspa racikan Piladelfia yang dipercaya ampuh menangkal virus Corona, bisa berkunjung langsung ke Dusun Salu Lemo, Desa Tampakurra, kecamatan Tabulahan, kabupaten Mamasa Sulbar.

Jarak antara Bandar Udara Tampak Padang Mamuju Salu Lemo hanya 34 Km atau waktu tempuh 60 menit. []

Berita terkait
Satu PDP Covid-19 Sulbar Kuliah di Depok Jabar
Satu DPD di Sulawesi Barat berinisial N 19 tahun, dia merupakan mahasiswa asal Sulbar yang kuliah di Depok Jawa Barat.
Cegah Covid-19, RSUD Sulbar Hapus Jam Besuk
RSUD Regional Sulawesi Barat menghapuskan jam besuk pasien yang dirawat di rumah sakit. Ini alasannya
Warga Sulbar Ikut Ijtima Tanpa Sepengetahuan Pemda
Keikutsertaan sejumlah warga Sulawesi Barat pada acara Ijtima dunia zona Asia 2020 di kabupaten Gowa Sulsel tanpa sepengetahuan Pemprov Sulbar
0
DAU 25 Daerah di Sumut Dipotong, Ini Daftarnya
Menteri Keuangan RI memotong DAU sejumlah pemerintah daerah termasuk di Sumatera Utara.