UNTUK INDONESIA
Strategi PT Gojek Menyejahterakan Keluarga Mitra
PT Gojek memberikan pelatihan memasak dan wirausaha kepada para istri mitra driver. Harapannya bisa ikut menyejahterakan keluarga mitra.
Head Regional Corporate Affairs Gojek Region Jateng DIY, Arum K. Prasodjo (paling kanan) saat meluncurkan program Cerdik Berwirausaha bareng Gojek Swadaya di Yogyakarta, Selasa 18 Februari 2020. (Foto: Tagar/Hidayat)

Yogyakarta – Gojek melalui program Gojek Swadaya memberikan pelatihan memasak dan wirausaha kepada istri dari mitra driver GoRide dan GoCar. Diharapkan ke depan bisa semakin memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi keluarga.

Head Regional Corporate Affairs Gojek Region Jateng DIY, Arum K. Prasodjo mengatakan pihaknya terus berupaya memberikan solusi bagi semua pihak yang ada di dalam ekosistemnya untuk hidup lebih baik. Keluarga mitra memiliki potensi untuk meningkatkan kesejahteraannya dengan cara menambah wawasan kewirausahaan.

Pihaknya juga memberikan keterampilan memasak. "Maka dari itu kami meluncurkan program Cerdik Berwirausaha bareng Gojek Swadaya,” katanya di Yogyakarta pada Rabu 19 Februari 2020.

Arum mengatakan pelatihan ini menghadirkan tenaga pengajar yang kompeten di bidangnya. Para istri mitra Gojek yang dibekali keahlian memasak. Selain itu mereka dapat bergabung menjadi mitra merchant GoFood agar dapat mengembangkan bisnis dan keahliannya lebih jauh. “Kami juga akan melakukan pendampingan dan memberikan dukungan yang diperlukan selama 3 bulan setelah pelatihan,” ucapnya.

Dia mengatakan, program ini bertajuk Cerdik Berwirausaha bareng Gojek Swadaya. Pelatihan berupa memasak dan wirausaha bagi istri mitra driver GoRide dan GoCar ini digelar di Semarang, Yogyakarta, Solo dan beberapa kota lainnya di Jawa Tengah.

Arum berharap kegiatan ini bisa membantu para istri mitra mengembangkan skala bisnis kulinernya dengan mengikutsertakan usaha kulinernya dalam ekosistem GoFood. Keikutsertaannya diharapkan bisa meningkatkan omzetnya.

Pendampingan dan memberikan dukungan yang diperlukan selama 3 bulan setelah pelatihan.

Menurut dia, para partner usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang bergabung dengan GoFood secara nasional termasuk di Jawa Tengah dan DIY telah memanfaatkan aplikasi pengelolaan merchant GoFood atau GoBiz. "Rata-rata mengalami peningkatan omzet 3,5 kali ipat sejak bergabung,” ucapnya.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Srie Nurkyatsiwi mengapresiasi atas upaya dari Gojek dalam memberikan akses usaha yang lebih luas kepada para UMKM termasuk istri para mitra driver Gojek. 

"Mereka dapat memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi keluarganya dan juga perekonomian Yogyakarta secara umum,” katanya.

Kegiatan pelatihan yang digelar di Yogyakarta ini dilakukan pada 18 dan 27 Februari 2020. Para narasumber yang mengisinya di antaranya Chef Anton Yanuar, Chef Hotel Jambuluwuk Yogyakarta yang juga Ketua Indonesian Chef Association (ICA) DIY. Sementara untuk pelatihan pengembangan bisnis berbasis komunitas diberikan oleh MAPAN Arisan. []

Baca Juga:

Berita terkait
Ojek Online Kirim Bakpia dari Yogyakarta ke Jakarta
Driver ojek online asal Yogyakarta ini penuh tanggung jawab. Dia mengirimkan pesanan dari Yogyakarta ke Jakarta, karena pemesan sedang mengidam.
Jawaban Grab Indonesia Soal Tarif Baru Ojek Online
Pemerintah akan mengumumkan tarif baru ojek online. Tarif bisa naik atau turun dari yang saat ini berlaku. Bagaimana respons operator ojek online?
Ada Hitungan BPJS, Tarif Ojek Online Bakal Naik
Kementerian Perhubungan mengisyaratkan kemungkinan tarif transportasi online atau ojek online akan naik.
0
Rampok Bersenjata Api Riau Dibekuk Polisi di Sijunjung
Polisi menangkap lima orang komplotan perampok bersenjata api (senpi) di Sijunjung, Sumatera Barat, karena menggondol truk sawit dan dua handphone.