UNTUK INDONESIA
Sosok Perempuan Bareng Setya Novanto di Padalarang
Setya Novanto terlihat bersama seorang perempuan berkerudung berada di luar Lapas Sukamiskin Bandung berpelesir ke Padalarang.
Terpidana kasus korupsi KTP elektronik Setya Novanto melambaikan tangan ke arah awak media saat keluar dari Rutan KPK untuk dieksekusi menuju Rumah Tahanan (Rutan) Sukamiskin Bandung oleh Petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Jumat (4/5). (Foto: Tagar/Adam Bariq)

Jakarta - Setya Novanto terlihat bersama seorang perempuan berkerudung berada di luar Lapas Sukamiskin Bandung berpelesir ke Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Sosok perempuan tersebut adalah istrinya, Deisti Astriani Tagor.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Barat, Abdul Aris membenarkan hal tersebut.

"Kalau lihat foto tersebut, Setya Novanto dengan istrinya," kata Aris di Bandung, Jabar, dikutip Antara pada Sabtu 15 Juni 2019

Kepergoknya terdakwa kasus korupsi e-KTP itu ke Padalarang setelah foto mantan Ketua Umum Partai Golkar tersebut beredar. Dalam foto tampak narapidana kasus korupsi e-KTP tersebut mengenakan kemeja lengan pendek dengan muka tertutup masker sementara rambutnya tak terlihat lantaran memakai topi hitam.

Deisti Astriani TagorIstri dari Setya Novanto, Deisti Astriani Tagor. (Foto: Antara/ Reno Esnir)

Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jabar langsung memindahkan Novanto dari Lapas Sukamiskin di Kota Bandung ke Lapas Gunung Sindur di Bogor.

Sebelum kepergok pelesiran, Novanto menjalani perawatan karena penyakit yang dideritanya di Rumah Sakit Santosa Bandung sejak 12 Juni 2019. Sejak saat itu Novanto belum kembali pulang ke Lapas Sukamiskin.

Abdul bersama Kakanwil Kemenkum HAM Jabar Liberti Sitinjak mengaku telah menjenguk sekaligus mengecek kebenaran Novanto di rumah sakit. Menurut Abdul saat ia menjenguknya, mantan Ketua DPR RI tersebut memang ditemani bersama istrinya.

"Pada saat saya dengan Pak Kakanwil sidak ke RS Santosa, keluarganya (istrinya) ikut menunggu," kata Abdul.

Sementara itu, Kakanwil Kemenkumham Jabar Liberti Sitinjak menyebut telah memperingati Setya Novanto untuk tidak berbuat ulah. "Saya waktu itu datang nasihati dia, saat itu ada istrinya," kata Liberti.

Selain itu ia juga telah meminta agar Novanto jujur dalam menggunakan izin berobatnya. Namun, justru Novanto kembali berulah dengan beredar foto pelesirannya di media sosial.

"Saya bilang, kalau berobat ya berobat saja, tidak usah aneh-aneh," kata dia.

Baca juga: 

Berita terkait
0
Kesbangpol Tanggapi Wacana Dana Parpol DKI Naik 2020
Kemungkinan dana parpol DKI naik 2020 bisa saja terjadi, jika keadaan keuangan bagus.