Jakarta - Terpidana kasus korupsi e-KTP Setya Novanto kepergok pelesiran di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Ada petugas kawal Novanto yang berkeliaran seperti layaknya warga yang tidak menghadapi masalah hukum.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Jabar, Liberti Sitinjak mengatakan petugas yang bersama Novanto pelesiran di Padalarang masih dalam pemeriksaan.

"Petugas mengawalnya sedang dalam proses pemeriksaan juga. Atasannya langsung yang bertanggung jawab tentang pengawasan di rumah sakit, mulai Senin 17 Juni 2019 saya tarik ke Kanwil sementara untuk dilakukan pemeriksaan," ucap Liberti, dikutip Antara, pada Jumat malam 14 Juni 2019.

Liberti menambahkan, Novanto yang kepergok berada di Padalarang telah menjalani berita acara pemeriksaan (BAP). Pendalaman motif yang dilakukan Novanto dilakukan di Lapas Gunung Sindur setelah dipindah dari apas Sukamiskin di Kota Bandung.

Waktunya tidak berlangsung lama karena BAP bisa juga dilakukan di Lapas Gunung Sindur.

Dikaatakannya, keputusan pemindahan Novanto ke Lapas Gunung Sindur adalah hal yang tepat karena lapas tersebut memiliki pengamanan yang super ketat.

"Selanjutnya saya akan melaporkan ini ke Menteri Hukum dan HAM untuk tindak lanjut, jadi saya belum bisa menjelaskan yang lebih rinci," kata dia.

Sebelumnya Novanto kepergok pelesiran ke toko bangunan yang berada di Padalarang. Dalam foto yang beredar, Novanto terlihat mengenakan kemeja lengan pendek serta kepalanya memakai topi hitam dan wajahnya ditutup masker.

Baca juga: