UNTUK INDONESIA
SNMPTN Unsyiah Aceh Ditutup Malam Nanti
Pendaftaran dan finalisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan ditutup pada hari ini.
Peserta Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri di Universitas Syiah Kuala, Kamis 18 Juli 2019. (Foto: Tagar/Fahzian Aldevan)

Banda Aceh - Pendaftaran dan finalisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan ditutup pada hari ini, Kamis, 27 Februari 2020 pukul 23.59 WIB. 

Rektor Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Prof. Samsul Rizal mengimbau kepada seluruh siswa eligible atau yang masuk dalam perankingan sekolah, untuk segera mendaftar dan melakukan finalisasi pendaftaran. Ia meminta kepada calon penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah untuk segera melakukan finalisasi.

Pendaftaran dianggap sah apabila peserta sudah melakukan finalisasi. Siswa yang tidak memfinalisasi, dianggap belum atau tidak mendaftar SNMPTN 2020.

Sebelumnya diberitakan, calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang belum memiliki KIP kuliah (Calon penerima KIP) diberi kesempatan untuk melakukan finalisasi hingga akhir Maret 2020.

Namun lanjut Samsul, ada perubahan kebijakan terkait tenggat waktu tersebut. Berdasarkan informasi terbaru dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), seluruh siswa eligible, termasuk siswa yang mengajukan KIP Kuliah, diharuskan memfinalisasi dan mencetak kartu paling telat hari ini.

“Pendaftaran dianggap sah apabila peserta sudah melakukan finalisasi. Siswa yang tidak memfinalisasi, dianggap belum atau tidak mendaftar SNMPTN 2020,”kata Samsul.

Proses pendaftaran SNMPTN dapat dilakukan melalui https://ltmpt.ac.id/. Pada laman tersebut, pendaftar akan diminta untuk mengisi biodata, pilihan PTN dan prodi, serta menggugah dokumen prestasi tambahan (jika ada). Langkah terakhir adalah finalisasi. Jika sudah finalisasi, pendaftar dianggap telah selesai menndaftar, sehingga harus mencetak kartu bukti pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

Untuk yang ingin mendaftar KIP kuliah, calon mahasiswa bisa melakukannya secara mandiri dengan langsung mengakses ke laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/. Setelah masuk ke laman tersebut, sistem akan melakukan validasi Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk SIswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan kelayakan mendapatkan KIP Kuliah. 

Jika dinyatakan berhasil, calon mahasiswa akan mendapatkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke email yang telah didaftarkan. Setelah itu, proses pendaftaran KIP Kuliah pun selesai.

“Bagi peserta yang mendapatkan KIP kuliah, mereka dapat menyusul kembali datanya mulai tanggal 2 sampai 31 Maret 2020 di portal https://portal.ltmpt.ac.id/," katanya.

Samsul Rizal berharap segala proses ini dapat dilakukan dengan baik oleh setiap peserta. Sebab ini akan sangat menentukan keikutsertaan mereka di jalur SNMPTN. Ia juga berharap para calon peserta agar selalu memantau laman LTMPT agar dapat memperbaharui informasi. Terlebih lagi saat ini, belum ada pengumuman resmi apakah akan ada perpanjangan waktu terkait seleksi SNMPTN.

“Untuk sementara belum ada kebijakan perpanjangan waktu, untuk itu kami mengimbau para peserta memanfaatkan waktu singkat ini sebaik mungkin,” ucapnya. []

Lihat Juga: 

Berita terkait
Misteri di Balik Perampokan Emas Subulussalam Aceh
Kasus perampokan toko emas Permata Bunda di Subulussalam, Aceh masih dalam penyelidikan.
Sepasang Suami Istri Jadi Profesor di Unsyiah Aceh
Dua dari tiga profesor yang dilantik di Gedung AAC Dayan Dawood kampus Unsyiah di Kota Banda Aceh, Aceh adalah sepasang suami istri.
Pernikahan dengan Ipar Kearifan Lokal di Aceh
Pernikahan dengan suadara ipar memang sudah ada sejak zaman dulu. Masyarakat Aceh biasa menyebutnya dengan istilah “Pulang Balee".
0
Mengenal Istilah Bekibolang dan Bekitabolang
Setiap pengendara sepeda motor dan mobil banyak yang belum mengetahui istilah Bekibolang dan Bekitabolang.