UNTUK INDONESIA
Siswa SMPN 1 Kudus Pilih Ketua OSIS di Sela Belajar Daring
Pemilihan Ketua OSIS SMPN 1 Kudus digelar secara virtual. Pemilihan dilakukan di sela pembelajaran daring sekolah.
Pemilihan Ketua OSIS SMP 1 Kudus digelar secara virtual di sela kegiatan belajar daring sekolah. (Foto: Tagar/Nila Niswatul Chusna)

Kudus - Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Peribahasa ini cocok untuk menggambarkan kegiatan belajar mengajar di SMPN 1 Kudus. Di sela pembelajaran dalam jaringan (daring) sekolahnya, para siswa menyempatkan waktu untuk menyalurkan hak suaranya di Pemilihan Ketua OSIS.

"Sebenarnya kami targetkan melakukan pelantikan OSIS bulan September lalu. Pandeminya ditunggu tak kunjung selesai. Akhirnya kami gelar secara virtual," kata guru kesiswaan SMPN 1 Kudus, Abu Sofyan.

Ada tiga siswa kandidat dalam Pemilihan Ketua OSIS virtual yang digelar Selasa, 20 Oktober 2020. Mereka adalah Muhammad Thessar Avani, Nadya Zaqueena Laily Nugroho dan Azka Fairus Syamsa.

Tiga calon ini merupakan kandidat terbaik dari puluhan siswa yang mendaftarkan diri dalam pencalonan ketua OSIS. Sebelumnya mereka menjalani seksi ketat secara online.

"Semua prosesnya kami lakukan online. Seleksi kami lakukan via Zoom. Pengenalan calon, kampanye hingga pemilihan ini kami lakukan via online," tambahnya.

Semua prosesnya kami lakukan online.

Pemilihan virtual, lanjut Abu, menggunakan google form. Para siswa atau pemilik hak suara akan mendapat kode unik dari pihak sekolah untuk login ke link yang dibagikan. Setelah itu, mereka bisa menyalurkan suaranya secara langsung, umum, bebas dan rahasia.

Abu menegaskan pemilihan virtual ini tidak mengganggu proses pembelajaran daring anak. Pasalnya, siswa tidak butuh waktu lama untuk mengikuti pemilihan dan itu bisa dilakukan disela-sela pembelajaran.

"Kami beri batasan penyaluran suara dari pukul 07.00 WIB sampai pukul 14.00 WIB," ucap dia.

Baca lainnya: 

Dari pantauan Tagar hingga pukul 12.00 WIB, ada sekitar 600 siswa yang telah menyalurkan suaranya dalam pemilihan tersebut. Dengan hasil perolehan sementara Azka Fairus Syamsa duduk di urutan nomor satu. Lalu disusul Nadya Zaqueena Laily Nugroho di posisi dua dan Thessar Avani di posisi ketiga.

"Alhamdulillah pemilihan virtual ini disambut baik oleh siswa. Hal ini dibuktikan dengan jumlah suara yang mencapai 80 persen lebih," ujar Abu.

Untuk pengumuman hasil Pemilihan Ketua OSIS online ini akan dilakukan pada Kamis, 22 Oktober 2020. []

Berita terkait
Sekolah Tatap Muka, Disdikpora Kudus: Masih Kami Kaji
Kudus belum membuka sekolah untuk pembelajaran tatap muka. Dinas Pendidikan setempat masih melakukan kajian rencana tersebut.
SMK Muhammadiyah Kudus Jadi Rujukan Sekolah Fiber Optik
SMK Muhammadiyah Kudus ditetapkan sebagai SMK Center of Excellent (CoE). Bidang fiber optik di jurusan TKJ jadi unggulan.
Ganjar Buat Sekolah Virtual untuk Anak Kurang Mampu
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membuat sekolah virtual untuk anak dari keluarga tak mampu di Boyolali dan Brebes.
0
Kapolres di Papua Diminta Amankan Pilkada dan Pengumuman CPNS
Kapolda Papua memerintahkan Polres jajarannya untuk mengamankan Pilkada dan pengumuman CPNS di wilayahnya. Ini alasannya.