UNTUK INDONESIA

Simak Syarat Mendapat BLT PKH Rp 3 Juta Khusus Ibu Hamil

Ini syarat penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Rp 3 juta kepada ibu hamil dan Balita.
Ilustrasi ibu hamil. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) oleh pemerintah melalui Kemensos tengah berjalan sejak 4 Januari 2021 lalu. Salah satunya Bantuan Langsung Tunai (BLT) Rp 3 juta untuk ibu hamil dan Balita.

Bansos tunai ini dibagikan kepada penerima yang terdaftar Program Keluarga Harapan (PKH), dengan rincian ibu hamil dan balita usia 0 hingga 6 tahun, masing-masing mendapat Rp 3 juta per tahun.

Kepada masyarakat penerima, saya harapkan untuk memanfaatkan bantuan ini secara tepat.

Pencairan dilakukan secara empat tahap yakni pada Januari, April, Juli, dan Oktober. Melalui himpunan bank negara (Himbara), seperti BNI, BRI, BTN, dan Mandiri.

"Kepada masyarakat penerima, saya harapkan untuk memanfaatkan bantuan ini secara tepat. Semoga bisa mengurangi beban keluarga di masa pandemi ini," kata Presiden Jokowi, dikutip Tagar, Rabu, 13 Januari 2021.

Persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapat Bansos tunai Rp 3 Juta, ibu hamil wajib memiliki Kartu Perlindungan Sosial (KPS). Apabila belum mempunyai KPS maka harus mengajukan permohonan kepada RT/RW setempat, lalu nanti disampaikan ke kelurahan.

Jika yang bersangkutan memang layak mendapatkan dana bantuan maka Kepala Desa akan melaporkan ke Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan.

Selain itu, ibu hamil penerima BLT PKH harus memenuhi kewajiban dalam bidang kesehatan meliputi, wajib melakukan pemeriksaan kehamilan di fasilitas kesehatan selama 4 kali, yakni pada usia 0 hingga 3 bulan, usia 4 hingga 5 bulan, dan dua kali di usia 7 sampai 9 bulan.

Kemudian, pada masa pemeriksaan ibu hamil akan mendapatkan suplemen vitamin untuk menjaga kesehatan dirinya dan bayi dalam kandungan. Apabila ibu melahirkan wajib memperoleh pertolongan di fasilitas kesehatan. [] (Grace Natalia Indah)

Berita terkait
Jokowi Wanti-wanti Dana BLT Jabodetabek Tidak Boleh Membeli Rokok
Menko PMK Muhadjir Effendy menyampaikan pesan Presiden Jokowi bahwa dana BLT Jabodetabek tidak boleh digunakan untuk membeli rokok.
Penyaluran BLT Gratis Lewat Alfamart dan Cara Mendapatkannya
Keadaan di masa pandemi membuat pengeluaran kuota internet membesar. Perhatian pun diberikan oleh 3 bidang usaha dalam bentuk BLT.
Hindari Dikorupsi, Husin Perindo Desak BLT Melalui Perbankan
Sekretaris Fraksi Nasdem Persatuan Indonesia DPRD Jawa Barat minta penyaluran BLT melalui bank guna cegah adanya korupsi.
0
Simak Syarat Mendapat BLT PKH Rp 3 Juta Khusus Ibu Hamil
Ini syarat penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Rp 3 juta kepada ibu hamil dan Balita.