Simak Simulasi Cara Kerja Asuransi Jiwa

Sebelum membeli asuransi jiwa, calon nasabah biasanya diberi kebebasan untuk menentukan nominal uang pertanggungan yang diinginkan.
Ilustrasi berkas asuransi jiwa (Foto:Tagar/Pexels)

Jakarta - Asuransi jiwa ialah asuransi yang diperuntukan bagi seorang yang memiliki tanggungan. Asuransi ini lebih banyak dibeli oleh seorang tulang punggung keluarga dengan harapan dapat uang pertanggungan dapat membiayai hidup keluarga yang ditinggalkan untuk sementara waktu.

Simulasi asuransi jiwa bisa kita dapatkan dengan cara menghitung uang pertanggungan, yakni sejumlah uang yang diberikan kepada ahli waris jika terjadi risiko.Besaran uang pertanggungan juga dipengaruhi oleh jumlah premi asuransi jiwa yang harus dibayarkan nasabah.

Sebelum membeli asuransi jiwa, calon nasabah biasanya diberi kebebasan untuk menentukan nominal uang pertanggungan yang diinginkan. Karena dalam memilih asuransi haruslah sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan nasabah.


1. Pengeluaran

Cara menghitung uang pertanggungan berdasarkan pengeluaran adalah dengan menjumlahkan pengeluaran saat ini (selama beberapa waktu tertentu) dikalikan dengan nilai inflasi.

Misalnya, nasabah ingin uang pertanggungan bisa mencukupi kebutuhan keluarga selama 5 tahun. Artinya ia perlu mengalikan pengeluaran saat ini dengan 5×12 bulan. Setelah itu, sesuaikan dengan nilai inflasi.

Gunakan kalkulator uang pertanggungan berikut apabila ingin menghitung limit asuransi berdasarkan pengeluaran.


2. Pendapatan

Cara menghitung uang pertanggungan berdasarkan pendapatan adalah dengan mengalikan jumlah pendapatan keluarga saat ini (selama beberapa waktu tertentu), lalu dikalikan dengan kenaikan gaji per tahun.

Misalnya, nasabah ingin uang pertanggungan bisa mencukupi kebutuhan keluarga selama 5 tahun. Artinya ia perlu mengalikan pendapatan saat ini dengan 5×12 bulan. Setelah itu, sesuaikan dengan kenaikan gaji per tahun.

Setelah Anda memiliki gambaran mengenai cara kerja asuransi jiwa, Anda dapat memperkirakan sebanyak apa uang yang akan anda sisihkan. Jangan sampai karena asuransi jiwa, keuangan menjadi terguncang.[]


(Fiona Renatami)

Baca Juga:

Berita terkait
Cara Memulai Usaha Yang Baik Menurut Agama Islam
Ingat, visi berwirausaha itu untuk ibadah. Ya, bersama partner perlu membangun usaha dengan tujuan yang baik untuk dunia maupun akhirat.
Cara Konsumsi Teh Hijau dengan Benar untuk Dapatkan Tubuh Ideal
eh hijau bisa jadi tidak bermanfaat bagi tubuh jika kamu meminumnya dengan cara sembarangan.
6 Cara Sederhana Mengelola Uangmu Lebih Baik
Hidup akan jauh lebih mudah ketika memiliki keterampilan keuangan yang baik. Menjadi pengelola keuangan lebih dari sekadar memenuhi kebutuhan.
0
Simak Simulasi Cara Kerja Asuransi Jiwa
Sebelum membeli asuransi jiwa, calon nasabah biasanya diberi kebebasan untuk menentukan nominal uang pertanggungan yang diinginkan.