6 Cara Sederhana Mengelola Uangmu Lebih Baik

Hidup akan jauh lebih mudah ketika memiliki keterampilan keuangan yang baik. Menjadi pengelola keuangan lebih dari sekadar memenuhi kebutuhan.
Ilustrasi foto Penganggaran (Foto: Tagar/Pexels/Nataliya Vaitkevich)

Jakarta - Hidup akan jauh lebih mudah ketika memiliki keterampilan keuangan yang baik. Menjadi pengelola keuangan lebih dari sekadar memenuhi kebutuhan. Namun, jangan khawatir bagi kamu yang tidak jago dalam matematika. Keterampilan matematika yang hebat tidak benar-benar dibutuhkan.

Tanpa pengelolaan uang, keuangan hanya menjadi misteri. Hal ini dapat menyebabkan pengeluaran membengkak dan penghasilanmu hanya memenuhi kebutuhan tanpa menabung. 

Pengelolan keuangan bisa membantumu memiliki kendali yang lebih baik pada pendapatan dan pengeluaran. Kamu juga bisa membuat keputusan yang meningkatkan keuanganmu. Jika kamu masih berjuang dengan masalah pengelolaan uang, di bawah ini ada beberapa tips untuk meningkatkan kebiasaan keuanganmu:


Anggaran

Banyak orang tidak membuat anggaran karena dianggap terlalu bosan. Anggaran adalah proses mencantumkan pengeluaran, menyusunnya, dan memastikan pengeluaran tidak terlalu membengkak. Jika buruk dalam keuangan, kamu tidak memiliki alasan untuk tiddak membuat anggaran. Alih-alih fokus pada proses anggaran yang dikira membosankan, fokuslah pada nilai dari penganggaran dalam hidupmu.


Gunakan Anggaran

Anggaran menjadi tidak berguna jika kamu membiarkannya. Perbarui anggaran saat kamu membayar tagihan dan menghabiskan pengeluaran lainnya. Pada waktu tertentu selama sebulan, kamu harus memiliki rencana seberapa banyak pengeluaran dan mengingat biaya apa pun untuk dibayarkan.


Membataskan Diri

Bagian yang terpenting dari penganggaran adalah jumlah uang yang tersisa setelah mengurangi dengan pengeluaran. Jika ada yang tersisa, kamu bisa menggunakannya untuk bersenang-senang dan hiburan. Tetapi, tentu ingat dengan batasan. Sebelum melakukan pembelian yang besar, pastikan tidak akan mengganggu hal lain yang telah direncanakan.


Lacak Pengeluaran

Pembelian dengan harga yang lebih kecil bertambah dengan cepat sebelum kamu menyadarinya. Alhasil, pengeluaranmu membengkak. Mulailah lacak pengeluaran untuk menemukan di mana uangmu keluar banyak tanpa sadar.

Simpan tanda terima dan tulislah pembelianmu di bagian pengeluaran. Kamu bisa mengategorikan pengeluaranmu sehingga bisa diidentifikasi bagian mana yang menyebabkan pengeluaranmu membengkak. Langkah ini juga bisa membuat pengeluaranmu tetap terjaga.


Harga Terbaik

Kamu bisa membandingkan harga jika ingin membeli sesuatu. Cara ini juga memastikanmu membayar dengan harga terendah. Carilah diskon, kupon, atau alternatif lain yang lebih murah.


Latihan

Pada awalnya, mungkin kamu tidak terbiasa merencanakan ke depan dan menundah pembelian sampai mampu membelinya. Semakin menjadikan kebiasaan ini sebagai dari aktivitas sehari-hari. Semakin mudah mengelola uang, semakin baik pula keuanganmu.[]


(Retno Ayuningrum)

Baca Juga:

Berita terkait
Tips Atur Keuangan Saat Banyak Cicilan
Jangan panik dulu, tips-tips di bawah ini bisa dilakukan untuk meringankan beban tagihan kamu.
Rahasia Mendapatkan Uang dengan Modal Rebahan
Apakah kamu menginginkannya? Siapa yang tidak tergiur dengan model kerja ini. Tinggal di kamar saja, tidak perlu panas-panasan di jalan.
Kebiasaan Buruk yang Bisa Membuat Keuangan Berantakan
Cara mengantisipasinya adalah mengatur keuanganmu dengan menyisihkan sebagian dana untuk kebutuhan pokok.
0
6 Cara Sederhana Mengelola Uangmu Lebih Baik
Hidup akan jauh lebih mudah ketika memiliki keterampilan keuangan yang baik. Menjadi pengelola keuangan lebih dari sekadar memenuhi kebutuhan.