Tips Mencegah Keriput Pada Usia Muda

Semakin cepat mencegah keriput pada kulit wajah semakin baik hasil yang Anda dapatkan sebab keriput yang dibiarkan membuat tampilan tampak tua.
Ilustrasi - Tips mencegah keriput pada usia muda. (Foto: Tagar/Womantalk)

Jakarta - Semakin dini mencegah penuaan semakin baik hasil yang didapatkan. Anda bisa mulai melakukan rutinitas sederhana untuk mencegah keriput pada usia muda.

Keriput atau garis-garis halus di kulit biasanya mulai muncul pada usia 20 tahunan. Keriput yang dibiarkan dapat merusak kulit dan membuat tampilan Anda tampak tua.

Dari sejumlah sumber Tagar merangkum tips-tips untuk mencegah keriput pada usia muda.

  • Cuci muka setiap hari

Kebiasaan membersihkan muka dua kali sehari, yakni pada pagi dan malam hari atau setelah beraktivitas membuat kulit Anda terasa bersih dari kotoran seperti polusi, debu, dan kulit-kulit mati menumpuk di pori-pori.

Namun, jika tidak dibersihkan, kotoran yang menumpuk akan menghambat regenerasi kulit baru, kulit akan mengusap dan tampak tua.

  • Bersihkan makeup

Selalu bersihkan makeup setelah digunakan, jangan biarkan makeup terlalu lama di wajah atau bahkan di bawa tidur. Makeup menghambat respirasi dan menutup pori-pori.

Pasalnya makeup juga memicu pembentukan sebum atau minyak yang menjadi sumber jerawat dan memicu penuaan.

  • Menggunakan sunscreen

Jangan lupa untuk menggunakan sunscreen atau tabir surya dalam skincare harian Anda, gunakan sunscreen setiap hari bahkan saat beraktivitas di dalam rumah.

Anda pasti sudah tahu, 90 % tanda-tanda penuaan di kulit wajah terjadi karena paparan sinar UV.

  • Jangan gunakan banyak bahan kimia

Saat ini banyak bermunculan produk untuk membersihkan kulit agar tampak lebih cerah. Oleh sebab itu, Anda perlu berhati-hatilah dalam memilih produk untuk kulit. 

Hindari menggunakan terlalu banyak bahan kimia karena akan merusak kulit, sebaiknya pilih produk yang banyak mengandung antioksidan dan vitamin C maupun retinol.

  • Rutin eksfoliasi

Pasalnya eksfoliasi akan membantu mengangkat kulit-kulit mati dan mempercepat regenerasi kulit baru, eksfoliasi akan memicu pembaruan kolagen setiap hari.

Nah, itulah kebiasaan-kebiasaan yang harus Anda lakukan setiap hari, agar dapat mencegah penuaan dini. []

Berita terkait
Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wajah
Berikut Tagar rangkumkan lima 5 manfaat buah naga untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah.
Tujuh Manfaat Charcoal untuk Kesehatan dan Kecantikan
Charcoal atau zat arang kini banyak diolah bersama produk kecantikan dan kesehatan. Zat arang ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia.
Tips Cantik Ala 3 Bintang Utama Drama Korea The Penthouse
Berikut Tagar rangkumkan tips tampil cantik ala tokoh utama di drama Korea The Penthouse 2.
0
Tips Mencegah Keriput Pada Usia Muda
Semakin cepat mencegah keriput pada kulit wajah semakin baik hasil yang Anda dapatkan sebab keriput yang dibiarkan membuat tampilan tampak tua.