Lima Tips Agar Tidak Terjebak Insecure atau Rasa Tidak Aman

Orang yang fokus pada kekurangan dirinya saja dan melupakan kelebihannya sangat berbahaya, berikut tips agar tidak tejebak dalam insecure.
Ilustrasi Insecure. (Foto : Tagar/PDPics/pixabay.com)

Jakarta - Perasaan insecure dapat dialami oleh siapa saja. Insecure berasal dari bahasa Inggris yang berarti tidak aman. Secara keseluruhan, insecure dapat diartikan sebagai perasaan seseorang yang merasa dirinya tidak aman atau cenderung hidup dalam ketakutan.

Perasaan Insecure adalah hal yang wajar pada manusia, tapi jika perasaan ini datang berlarut-larut maka bisa timbul masalah besar. Insecure bisa datang ketika rasa percaya diri tidak ada, mengganggap dirinya buruk atau rendah, dan meragukan kemampuan yang dimiliki.

InsecureIlustrasi Insecure. (Foto : Tagar/johnhain/pixabay.com)

Orang yang berfokus hanya kepada kekurangan dirinya saja dan melupakan bahwa masih mempunyai kelebihan. Sangat berbahaya, bukan? Adakah cara atau tips agar tidak terjebak dalam insecure? Yuk, simak di bawah ini.

1. Bersyukur

Bersyukur dengan apa yang kita miliki saat ini. Percaya akan Tuhan menciptakan manusia dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jangan jadikan kekurang sebagai sesuatu hal buruk, itu akan membuat kita merasa insecure terhadap diri kita sendiri. 

Namun, tetap boleh melihat kelebihan orang lain untuk dijadikan motivasi, tapi jangan sampai hal tersebut dijadikan kita sebagai orang yang tidak percaya diri.

2. Yakin kepada kelebihan sendiri

Setiap orang mempunyai potensi dan kelebihan yang berbeda-beda. Daripada hanya berfokus terhadap kekurangan dan terus menerus memikirkan agar sesuai dengan standar orang-orang, lebih baik pikiran tersebut dialihkan dengan melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat dan mengembangkan potensi yang dimiliki. Enjoy and appreciate the chage in your life.

3. Jangan membandingkan diri sendiri terhadap orang lain

Setiap orang memiliki keunikan masing-masing. Yakin saja terhadap apa yang dimiliki, bahwa semua mempunyai keunikan atau kekhasannya tersendiri. Setiap orang sudah diatur oleh Tuhan seperti keunikan, kelebihan, bahkan bentuk tubuh dan pekerjaan yang sesuai untuk dijalaninya.

Saat kita kerasa tidak aman, banyak yang akan mencoba meniru orang lain. Bukan menjadi diri sendiri. Kita akan berusaha menjadi standar orang lain, bukan menjadi standar versi terbaik dari diri kita sendiri.

4. Hilangkan rasa berpikir berlebihan

Ketika galau, sedih, gunda dan gelisah kita bisa saja memikirkan hal yang sifatnya negatif atau buruk sehingga membuat terpuruk. Daripada overthinking, ada baiknya kita mengisi waktu dengan yang lebih bermanfaat. Seperti membaca buku, mendengarkan lagu, bermain dengan teman, bahkan lebih baik kita untuk istirahat sejenak. 

InsecureIlustrasi insecure. (Foto : Tagar/RyanMcGuire/pixabay.com)

Menyibukkan diri sampai kita lupa bahwa kita sedang bersedih. Diri kita akan merasa lebih baik dan tidak berpikir berlebihan ketika kita tidak mempunyai waktu luang untuk menyendiri memikirkan kesedihan.

5. Jangan selalu mendengarkan perkataan orang lain

Setiap orang memiliki perkataan yang berbeda-beda. Jika selalu menganggap serius setiap perkataan orang, kemungkinan kita akan selalu merasa overthinking, dan berujung insecure. Usahakan memilih perkataan atau hal-hal yang baik. Begitupun kita harus menjauhi yang bersifat menjatuhkan, karena kita bukanlah apa yang mereka pikirkan.

Zaman sekarang, dalam menggunakan media sosial hanya menampilkan versi terbaik dari dirinya. Padahal, kita sendiri tidak tahu ada hal yang terjadi di belakangnya. Jadi, jangan membandingkan kehidupan diri kita dengan kehidupan orang lain, sehingga kita akan terhindar dari perasaan insecure.

(Risma Dewi Indriani)

Berita terkait
6 Tips Sehat Bagi Keluarga Pemilik Hewan Peliharaan Berbulu
Berikut Tagar rangkumkan 6 tips menjaga kesehatan keluarga bagi pemilik hewan peliharaan berbulu.
5 Tips agar Makeup Awet Meski Memakai Masker Cegah Covid-19
Berikut ada beberapa tips untuk menjaga riasan di situasi ini yang Tagar rangkum dari laman Topshop.
Tips Memilih Sampo dengan Bahan Sesuai Jenis Rambut
Berikut tips memilih bahan-bahan dalam sampo yang dibutuhkan oleh jenis rambut tertentu, yang dirangkum Tagar dari laman Healthline.
0
Aguero Berharap Bisa Bermain Dengan Messi di Barcelona
Sergio Aguero jadi rekrutan musim panas pertama Barcelona pada musim 2021/2022 dengan transfer bebas dari Manchester City