UNTUK INDONESIA

Serpihan Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang Hilang Kontak

Temuan serpihan pesawat dan barang di perairan Teluk Jakarta yang diduga dari pesawat Sriwijaya Air yang hilang kontak
Peningkatan intensitas operasi SAR (Foto: dw.com/id)

Jakarta - Tim SAR gabungan temukan serpihan yang diduga berasal dari pesawat penumpang Sriwijaya Air SJ182 rute Jakarta-Pontianak yang hilang kontak dengan menara pengawas pada Sabtu, 9 Januari 2021, sekitar pukul 14:55 WIB.

temuan1Temuan tim sar gabungan (Foto: dw.com/id)

Temuan tim sar gabungan. Pada Minggu, 10 Januari 2021, tim SAT gabungan dari Basarnas, TNI AL, dan kepolisian kembali melakukan pencarian pesawat penumpang Sriwijaya Air SJ182 yang hilang kontak pada Sabtu, 9 Januari 2021. Pencarian dilakukan di perairan Kepulauan Seribu, baik dari udara, permukaan air, maupun penyisiran bawah air. Beberapa barang dan serpihan ditemukan.

temuan2Bagian pesawat dan pakaian anak-anak (Foto: dw.com/id)

Bagian pesawat dan pakaian anak-anak. Temuan serpihan pesawat dan barang-barang korban berupa pakaian anak-anak, yang diduga berasal dari pesawat kemungkinan jatuh di antara Pulau Lancang dan Pulau Laki, Kepulauan Seribu. Barang bukti tersebut diserahkan Komandan KRI Kurau, Mayor Nurochim kepada Direktur Operasi Basarnas, Brigjen TNI (Mar) Rasman di Posko Terpadu JICT 2, Tanjung Priok, Minggu (10/01) pukul 11.00 WIB.

temuan3Serpihan ban pesawat juga ditemukan (Foto: dw.com/id)

Serpihan ban pesawat juga ditemukan. Pukul 08.30 WIB, tim Kopaska TNI AL dan tim penyelaman menyerahkan barang temuan ke KRI Kurau. Berupa serpihan ban, celana anak kecil warna pink, dan serpihan pesawat selanjutnya tim KRI Kurau menyerahkan ke Basarnas, demikian ujar Komandan KRI Kurau Mayor Laut Nur Rochim seperti dikutip dari detik.com.

temuan4Basarnas menerima delapan body bag (Foto: dw.com/id)

Basarnas menerima delapan body bag. Masih dari detik.com, Basarnas juga menerima 8 body bag, lima di antaranya berisi potongan tubuh manusia. "Telah menyerahkan kepada kami selaku berupa 3 kantong serpihan pesawat, kemudian lima kantong adalah potongan manusia," kata Direktur Operasi Basarnas Brigjen Rasman di Pelabuhan JICT 2 Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu, 10 Januari 2021.

temuan5Peningkatan intensitas operasi SAR (Foto: dw.com/id)

Peningkatan intensitas operasi SAR. Pada hari kedua pencarian, Basarnas melaksanakan rencana operasi dengan membagi sektor-sektor pencarian melalui udara dan penyisiran di permukaan air di sekitar lokasi kejadian. Tim SAR gabungan dibagi dalam 4 sektor dengan mengerahkan kapal antara lain KN SAR Basudewa, KN P Marore, dan KN Alugara. Tim SAR juga menyisir bawah air dengan mengerahkan beberapa kapal.

temuan6Diserahkan ke Tim Disaster Victim Identification (DVI) dari Kepolisian (Foto: dw.com/id)

Diserahkan ke Tim Disaster Victim Identification (DVI) dari Kepolisian. Bukti serpihan dan barang-barang yang diduga milik korban selanjutnya diserahkan kepada tim Disaster Victim Identification (DVI) dari kepolisian untuk diselidiki lebih lanjut. Hingga berita ini diturunkan, belum ditemukan potongan besar badan pesawat maupun korban.

temuan7Pihak keluarga menanti kepastian (Foto: dw.com/id)

Pihak keluarga menanti kepastian. Anggota keluaga pesawat Sriwijaya Air SJ182 rute Jakarta-Pontianak yang hilang kontak tidak lama setelah lepas landas dari Soekarno-Hatta mencari kepastian akan nasib keluarganya. Layanan hotline Sriwijaya Air yang dapat dihubungi yaitu 021-80637817.

temuan8Perncarian dari udara (Foto: dw.com/id)

Perncarian dari udara. Selain menyisir perairan, pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ182 juga dilakukan dari udara. Sejauh ini belum ditemukan bodi utama dari pesawat yang hilang kontak itu. Pencarian masih akan terus dilakukan dengan menambahkan personel dan kapal pencari tambahan, salah satunya yaitu KN Pulau Nipah-321 yang berukuran 80 meter. [ae/yp (berbagai sumber)]/dw.com/id. []

Berita terkait
Media Asing Menyoroti Kecelakaan Pesawat Sriwijaya Air SJ182
Sorotan media asing terkait dengan pesawat Sriwijaya Air SJ182 jurusan Jakarta-Pontianak yang hilang kontak tanggal 9 Januari 2021
Panglima TNI: Lokasi Kotak Hitam Sriwijaya Air SJ 182 Ditemukan
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, titik jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 sudah ditemukan.
60 Penyelam Bantu Pencarian Korban Pesawat Sriwijaya Air
Polda Metro Jaya menerjunkan 60 penyelam untuk membantu pencarian korban dan puing pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di wilayah Kepulauan Seribu.
0
Dapat Izin BPOM, Ini Plus Minus Vaksin Sinovac di Indonesia
Vaksin CoronaVac merupakan vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh Sinovac Biotech China, resmi mendapatkan izin penggunaan oleh BPOM di Indonesia.