UNTUK INDONESIA

Panglima TNI: Lokasi Kotak Hitam Sriwijaya Air SJ 182 Ditemukan

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, titik jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 sudah ditemukan.
Personel TNI AL saat mengevakuasi puing pesawat Sriwijaya SJ 182 di Kepulauan Seribu, Minggu, 10 Januari 2021. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, titik jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 sudah ditemukan.

"Sudah ditemukan. Dan saat ini, seluruh prajurit TNI yang ada di lokasi khususnya dari TNI Angkatan Laut, mendukung Basarnas untuk mengambil pecahan-pecahan dari pesawat SJ 182," ujar Hadi Tjahjanto, Minggu, 10 Januari 2021.

Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama, black box tersebut bisa diangkat

Bagian yang kecil dari pesawat, kata Hadi, masih bisa diambil. Namun bagian yang besar akan didatangkan kapal yang memiliki kemampuan crane untuk mengangkat bagian tersebut.

"Seluruh stakeholder di lokasi, terus berupaya untuk mendapatkan black box (kotak hitam) yang posisinya juga diduga kuat adalah posisi black box yang kami cari. Terbukti dari dua sinyal yang dikeluarkan oleh black box tersebut terus bisa dipantau dan sudah di-marking. Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama, black box tersebut bisa diangkat sehingga bisa sebagai bahan bagi KNKT untuk mengetahui penyebab terjadinya kecelakaan tersebut," jelas Hadi.

Personel TNI ALPersonel TNI AL saat mengevakuasi puing pesawat Sriwijaya SJ 182 di Kepulauan Seribu, Minggu, 10 Januari 2021. (Foto: Tagar/Ist)

Pesawat Sriwijaya Air jenis Boeing 737-500 rute Jakarta-Pontianak dengan nomor penerbangan SJ 182 hilang kontak di sekitar Pulau Lancang dan Pulau Laki Kepulauan Seribu pada Sabtu, 9 Januari 2021 pukul 14.40 WIB.

Pesawat milik maskapai Sriwijaya Air tersebut lepas landas dari Bandara Soekarno Hatta Tangerang Banten sekitar pukul 14.36 WIB dengan membawa 50 penumpang terdiri dari 40 penumpang dewasa, tujuh anak-anak, tiga bayi dan enam kru aktif serta enam ekstra kru. []

Berita terkait
Operasi SAR Bawa 8 Kantong Serpihan Pesawat dan Korban Sriwijaya
Operasi SAR jatuhnya pesawat Sriwijaya SJ-182 menemukan serpihan pesawat dan bagian tubuh korban.
KITA Dukung KNKT Usut Tuntas Penyebab Jatuhnya Sriwijaya Air
Ketua Umum KITA, KH Maman Imanulhaq mendukung kerja KNKT untuk mengusut tuntas penyebab jatuhnya pesawat yang telah berusia 26 tahun tersebut.
Evakuasi Sriwijaya Air SJ 182, Jokowi: Kita Lakukan Upaya Terbaik
Presiden Jokowi memerintahkan Menteri Perhubungan dan Kepala basarnas Untuk segera mungkin mengevakuasi korban jatuhnya Sriwijaya Air.
0
Pengamanan Joe Biden Dilantik Jadi Presiden Amerika Serikat
Otoritas AS mengerahkan pasukan untuk menjaga keamanan jelang pelantikan Joe Biden beberapa hari setelah kerusuhan di Gedung Capitol