Sembelit? Berikut Cara Melancarkan BAB yang Ampuh

Sembelit adalah salah satu gangguan pencernaan yang sering dikeluhkan oleh banyak orang. Berikut beberapa jenis makanan yang mengandung serat.
Ilustrasi seseorang yang sedang mengalami sembelit (Foto: Tagar/Unsplash)

Jakarta – Sembelit adalah salah satu gangguan pencernaan yang sering dikeluhkan oleh banyak orang. Sembelit atau konstipasi merupakan gejalan defekasi yang tidak memuaskan yang ditandai dengan BAB kurang dari 3 kali dalam seminggu atau kesulitan pengeluaran tinja. 

Beberapa gejala sembelit antara lain sulit untuk BAB, merasa sakit saat BAB, BAB tidak teratur, dan feses yang kering dan menggumpal. Saat mengalami hal tersebut, kalian bisa mencoba beberapa bahan alami untuk melancarkan BAB. 

Dengan memperbanyak asupan makanan yang berserat hingga rutin berolahraga menjadi salah sau cara yang tidak kalah efektif dengan obat pencahar.

Pada orang dewasa, asupan serat yang dibutuhkan agar dapat melancrkan BAB adalah 25-35 gram per hari, sedangkan anak-anak adalah 20-23 gram per hari. Berikut beberapa jenis makanan yang banyak mengandung serat.


1. Buah-buahan

Untuk melancarkan BAB, mengkonsumsi buah yang kaya akan seratnya, seperti buah stroberi, apel, pir, kiwi, jeruk, aprikot, peach, dan plum. Selain kaya akan seratnya, buah-buah tersebut juga mengandung pencahar atau laksatif alami sehingga konsumsinya ikut membantu melancarkan BAB.


2. Sayur-sayuran

Ada banyak sekali pilihan sayur yang mengandung serat tinggi, seperti bayam, borkoli, jagung, asparagus, labu siam, dan wortel.


3. Kacang-kacangan

Selanjutnya ada kacang-kacangan yang memliki kandungan serat yang tinggi. Salah satu jenis kacang-kacangan yang dapat Anda pilih adalah kacang merah yang dimasak atau sebagai tambahan dalam sup atau salad.


4. Biji-bijian

Biji-bijian seperti sereal atau roti yang terbuat dari dedak atau biji-bijian utuh, gandum, biji bunga matahari, atau beras merah dapat membantu mengatasi keluhan sembelit. Makanan ini tidak hanya tinggi serat, tetapi juga mengandung karbohidrat kompleks dan rendah lemak.

Selain makanan yang tinggi serat, hal lain yang juga harus dilakukan untuk membantu melancarkan BAB adalah dengan mengonsumsi air putih yang cukup, melakukan olahraga secara rutin, dan menghentikan kebiasaan menahan BAB. Mengurangi stres juga dapar berguna untuk melancarkan BAB. Gunakan obat penchar apabila sembelit tidak juga reda.

(Syva Tri Ananda)

Berita terkait
Manfaat Lari Sore bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat lari itu sendiri adalah menguatkan otot dan tulang, membakar kalori, menyehatkan jantung, dan menjaga berat badan. Berikut selengkapnya.
Ragam Manfaat Mentimun bagi Kesehatan
Timun memiliki rasa yang renyah, mentimun memang cocok dijadikan sebagai makanan pelengkap yang memberi sensasi segar.
5 Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan
Buah mangga akan nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, zat besi, folat, dan zinc.
0
Sembelit? Berikut Cara Melancarkan BAB yang Ampuh
Sembelit adalah salah satu gangguan pencernaan yang sering dikeluhkan oleh banyak orang. Berikut beberapa jenis makanan yang mengandung serat.