5 Jenis Minyak Esensial yang Dapat Atasi Sembelit

Biasanya sembelit dapat diatasi dengan mengubah pola makan minum suplemen hingga mengonsumsi obat pencahar. Berikut berbagai jenis minyak esensial.
Ilustrasi - Jenis minyak esensial yang dapat atasi sembelit. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Sebagian orang tentu pernah mengalami sembelit atau pun susah BAB. Biasanya hal ini dapat diatasi dengan mengubah pola makan, minum suplemen, hingga mengonsumsi obat pencahar. 

Penyakit sembelit (konstipasi) dapat diobati dengan berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan minyak esensial. Berikut berbagai jenis minyak esensial yang bisa digunakan untuk membantu mengatasi sembelit.


1. Minyak lemon

Minyak lemon mengandung antioksidan kuat yang dapat meningkatkan kerja sistem pencernaan sekaligus mengurangi peradangan. Kedua hal ini bisa membantu sistem pencernaan bekerja lebih baik sehingga dapat meredakan sembelit.

Hal ini diperkuat penelitian yang menemukan fakta bahwa menggunakan minyak lemon dalam pijat aroma terapi dapat memperbaiki sistem pencernaan.


2. Minyak jahe

Minyak dari rempah jahe biasanya banyak digunakan untuk meningkatkan fungsi sistem pencernaan dan mengurangi mual. Minyak ini juga dapat membantu mengobati sembelit karena dapat meningkatkan pergerakan lambung dan juga usus.

Cara mengobati sembelit dengan minyak esensial jahe, yaitu dengan mencampurkan 3 – 5 tetes minyaknya dengan 30 ml minyak pelarut seperti minyak biji anggur. Lalu, ambil campuran minyak ini lalu pijatkan pada perut. Ulangi sebanyak 2 – 3 kali sesuai kebutuhan.


3. Minyak peppermint

Minyak dari daun peppermint mengandung menthol yang memberikan efek dingin pada tubuh. Selain itu, minyak peppermint mengandung sifat anti-kejang yang dapat mengendurkan otot-otot pada saluran pencernaan.

Dengan minyak ini, usus menjadi lebih kendur dan membantu mengobati sembelit. Minyak peppermint juga sering digunakan pada kasus sembelit yang disebabkan oleh irritable bowel syndrome (IBS).

Untuk meredakan sembelit ringan, Anda bisa mencampurkan setetes minyak peppermint dengan 3 – 4 tetes minyak pelarut seperti minyak kelapa. Kemudian, oleskan campuran minyak langsung ke perut dan pijat dengan gerakan melingkar.


4. Minyak lavender

Minyak lavender membantu mendorong proses relaksasi tubuh termasuk usus. Sama seperti minyak esensial lainnya, campurkan minyak lavender dengan minyak pelarut kemudian oleskan pada perut dan pijat secara perlahan.


5. Minyak adas

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan BioMed Research International, minyak adas dapat membantu meringankan berbagai masalah pencernaan termasuk sembelit. Pasalnya, senyawa dalam biji adas termasuk bahan yang berguna sebagai obat pencahar.

Minyak dari bahan adas ini dapat membantu pergerakan usus jika oleskan langsung ke perut yang disertai dengan pijatan sehngga membantu mengobati sembelit. Selain itu, minyak yang satu ini sangat bagus jika dihirup melalui diffuser. []

Berita terkait
5 Manfaat yang Tersembunyi di Balik Daun Singkong
Biasany daun singkong akan ditemukan di restoran nasi Padang ternyata daun singkong tersebut memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.
7 Manfaat Pisang Bagi Kesehatan Tubuh
Tak hanya memili rasa yang begitu manis, pisang juga mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut manfaat pisang bagi kesehatan.
Digunakan dalam Produk, Berikut Manfaat Daun Mint
Daun mint atau peppermint merupakan tanaman yang banyak orang manfaatkan menjadi obat tradisional. Berikut manfaatnya bagi kesehatan tubuh.
0
5 Jenis Minyak Esensial yang Dapat Atasi Sembelit
Biasanya sembelit dapat diatasi dengan mengubah pola makan minum suplemen hingga mengonsumsi obat pencahar. Berikut berbagai jenis minyak esensial.