UNTUK INDONESIA
Contoh Makanan Bikin Sembelit Tubuh Lesu saat Puasa
Sebagian orang pasti pernah mengalami sembelit dan merasakan lesu saat menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan, karena konsumsi mie dan lainnya.
Ilustrasi. (Foto: Pixabay/Rita E.)

Jakarta - Sebagian orang pasti pernah mengalami sembelit dan merasakan lesu saat menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan. Kondisi tersebut tentu mengganggu, dan bisa membuat terganggunya ibadah puasa.

Terdapat beberapa faktor yang menjadi pemicu sembelit dan rasa lesu saat menjalani ibadah puasa, seperti menyantap makanan yang salah saat sahur atau berbuka.

Menu makanan yang kurang serat atau mengonsumsi makanan yang digoreng dengan olahan terlalu banyak, bisa menjadi penyebab munculnya masalah kesehatan ini.

Dilansir dari The Indian Express, berikut Tagar informasikan sejumlah makanan yang bisa bikin sembelit dan lesu saat berpuasa menurut ahli diet asal India Lavleen Kaur.

1. Makanan berbahan tepung

Mie Instan

Ilustrasi. (Foto: Pixabay/Rita E.)

Produk makanan berbahan tepung terigu seperti biskuit dan mi cenderung kurang serat dan nantinya sulit dicerna oleh lambung. Makanan tersebut bisa membuat lonjakan gula darah dalam tubuh, lantaran indeks glikemiknya yang tinggi, yang juga bisa menyebabkan resistensi insulin.

Selain itu, makanan berbahan dasar tepung juga malahan meningkatkan rasa lapar jika dikonsumsi secara berlebihan.

Sehingga, disarankan menu makanan berbahan tepung diganti dengan sayur-sayuran atau biji-bijian utuh yang mengandung serat tinggi, yang bisa membantu proses pencernaan dan menjaga perut kenyang lebih lama.

2. Makanan digoreng garing

Keripik Kentang

Keripik kentang harus dihindari saat sore hari. (Foto: Instagram/@yancu_tzai)

Sebaiknya menghindari mengonsumsi makanan yang banyak menyerap minyak, seperti keripik, dan kentang goreng. 

Terlalu banyak minyak atau lemak trans bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat, menurunkan kolesterol baik, meningkatkan risiko terkena penyakit jantung, dan meningkatkan asupan kalori.

3. Makanan tinggi gula

Muffin

Ilustrasi muffin. (Foto: Pixabay.com/Free-photos)

Mengurangi asupan gula untuk dikonsumsi sangat disarankan, mengingat berkurangnya aktivitas fisik selama berpuasa.

Bila mengidam gula, Kaur menganjurkan memilih makanan yang dimasak sendiri guna memastikan asupan gula tidak berlebihan.

4. Makanan olahan

Saat menjalani ibadah puasa, sebaiknya menghindari makanan olahan termasuk mi instan.

Makanan tersebut mengandung sejumlah besar pengawet, natrium (garam), gula, dan lemak trans.

Selain itu, makanan olahan juga cenderung rendah vitamin dan mineral, sehingga bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

Sebaiknya, memilih makanan segar dan camilan buatan sendiri.

5. Jus kalengan

Kaleng Aluminium
Ilustrasi kaleng aluminium. (Foto: Pixabay/Manfred Ritcher)

Jus kaleng dan kemasan bukan ide terbaik untuk dikonsumsi lantaran memiliki sejumlah besar gula tersembunyi yang bisa menyebabkan masalah seperti resistensi insulin.

Disarankan memilih mengonsumsi buah segar guna menjaga tingkat energi tetap tinggi. []

Berita terkait
Makanan Penjaga Energi Selama Puasa Ramadan
Untuk menjaga tubuh tetap bugar dan berenergi saat puasa ada sejumlah makanan yang harus dikonsumsi. Inilah makanan penting untuk vitalitas tubuh.
12 Makanan Penguat Stamina Tubuh Selama Berpuasa
Selama menjalani puasa di bulan suci Ramadan, sebaiknya umat Muslim mulai memperhatikan makanan sehat untuk menguatkan stamina tubuh.
Hindari Makanan Tinggi Garam Selama Berpuasa
Selama berpuasa di bulan suci Ramadan, umat Muslim diingatkan untuk menghindari makanan yang memiliki kadar garam yang tinggi.
0
Kata PKS, Presiden Jokowi Lemah dan Plin Plan
Pemerintahan Jokowi periode dua ini masih saja seperti dulu. Lemah dan plin plan. Terlihat saat wabah Covid-19 melanda negara ini. Kata orang PKS.