UNTUK INDONESIA
Selain Kesehatan, Corona Ikut Merusak Proyek di Aceh
penundaan semua paket lelang proyek maka sangat berdampak terhadap perekonomian Aceh.
Ilustrasi proyek. (Foto: Pixabay)

Lhokseumawe – Akiba pandemi corona atau Covid-19 yang melanda wilayah Indonesia, juga berdampak terhadap sektor perekonomian, kini sejumlah sektor perekonomian terus melemah.

Pengamat Ekonomi Aceh Rustam Effendi mengatakan, dengan adanya kebijakan dari Menteri Keuangan dan Menteri Dalam Negeri, tentang menunda semua paket lelang proyek maka sangat berdampak terhadap perekonomian Aceh.

“Sebagaimana kita ketahui, kalau di Aceh itu sektor perekonomiannya hanya bergantung pada APBD saja dan kalau semua ini ditunda, maka sangat berdampak terhadap perputaran uang di Aceh,” ujar Rustam kepada Tagar, Rabu, 29 April 2020.

Rustam menambahkan, alat pembangunan yang paling penting adalah proyek, karena di proyek itu sudah mencakup semua hal, seperti uang, manusia dan juga segala sumber daya lainnya.

Apabila proyek dihentikan maka tidak ada uang sama sekali, karena lapangan kerja sudah tidak ada dan muaranya akan terjadi pengangguran, serta akan terjadi peningkatan kemiskinan.

“Keberadaan proyek ini seperti sebuah siklus, misalkan dengan adanya proyek, terjadi perputaran uang di saat belanja barang, adanya lapangan kerja. Apabila ini dihentikan, maka memang tidak ada uang sama sekali, apalagi ekonomi Aceh hanya bergantung di APBD” tutur Rustam.

Apalagi di sektor usaha kecil maka imbasnya sangat besar. Corona bukan hanya mengancam kesehatan, tapi menganggu sumber pendapatan. Apabila cepat kita atasi, maka semakin cepat pulih ekonominya.

Lanjut Rustam, sebelumnya pertumbuhan perekonomian Aceh bisa mencapai 4,6 persen namun akibat mewabahnya virus corona, bisa saja pertumbuhan ekonomi hanya bisa mencapai 2 persen.

Baca juga: Pengamat: Positif Corona Aceh Bisa Mencapai Ratusan

Dampak yang paling besar dirasakan adalah sektor daya beli yang sangat lemah dan orang yang berjualan tidak laku dagangannya. Hal tersebut merupakan sebagai salah satu contoh kecil kalau perekonomian tidak jalan.

“Apalagi di sektor usaha kecil maka imbasnya sangat besar. Corona bukan hanya mengancam kesehatan, tapi menganggu sumber pendapatan. Apabila cepat kita atasi, maka semakin cepat pulih ekonominya,” kata Rustam. []

Berita terkait
Instruksi Galang Bantuan Corona Disdik Aceh Dikritik
Dinas Pendidikan Aceh menginstruksikan untuk menggalang dana bantuan guna membantu pelajar kurang mampu yang terdampak Covid-19.
Balap Liar, Remaja di Aceh Menangis Ditangkap Polisi
Polisi kembali membubarkan aksi balap liar yang beraksi di Banda Aceh, Aceh.
Hasil Rapid Test, 5 Warga Aceh Positif Corona
Sebanyak lima warga ceh Tamiang, dinyatakan positif terinfeksi virus corona berdasarkan hasil rapid test.
0
Dua Lakalantas Terjadi dalam Sehari di Bulukumba
Kecelakaan kembali terjadi di Bulukumba, kali ini melibatkan roda empat dan roda dua menyebabkan pengemudi roda dua luka berat.