Seks Gancet Tidak Semata Mistis, Ada Penjelasan Ilmiahnya

Anda pernah mengalami kondisi gancet saat melakukan hubungan seks?. Segera konsultasikan ke dokter, karena gancet tidak melulu ke hal mistis.
Ilustrasi hubungan seksual. Fenomena gancet bisa terjadi saat melakukan aktivitas seksual. Tidak semata mistis, tapi juga ada penjelasan ilmiah secara medis. (Foto: Tagar/likebalaton.hu)

Semarang - Kondisi gancet atau penis tak bisa keluar dari vagina saat berhubungan seks kerap dikaitkan dengan hal mistis. Ternyata fenomena tersebut bisa dijelaskan secara ilmiah dari sisi medis.   

Banyak masyarakat, khususnya di pelosok atau pedalaman Tanah Jawa dan Sumatera, meyakini kondisi gancet diakibatkan oleh ulah makhluk tak kasat mata. Keyakinan ini berlangsung turun temurun dari orang tua zaman dulu hingga sekarang. 

Pasangan yang mengalami gancet dianggap telah melakukan pelanggaran norma, kesusilaan hingga akhirnya mendapat 'karma' dari penunggu di tempat mereka melakukan mesum. Sang penguasa gaib tersebut tidak terima jika rumah maupun istananya dijadikan saran perbuatan tak senonoh. 

Tak peduli pasangan itu memang sudah resmi menikah atau belum, makhluk astral diyakini merasa terhina sehingga melampiaskan kemarahannya dengan membuat penis tak bisa keluar dari vagina. 

"Cerita saat masih kecil, dari orang tua zaman dulu memang seperti itu, pasangan tersebut kesiku atau melakukan pelanggaran yang tak bisa dimaafkan," ujar Mbah Djoyo Kersono, 67 tahun, warga Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Pria yang identik dengan pelaku spiritual ini menyebut dari cerita para orang tua, banyak penuturan yang menyebut pasangan mengalami gancet saat melakukan hubungan terlarang di tempat yang dianggap suci, wingit, angker, semisal di kawasan makam. 

"Ada kaitannya dengan alam sadar dan gaib juga, karena mereka kesiku dengan alam yang terdapat makam yang dituakan atau dianggap suci oleh masyarakat," ujar dia. 

Cerita saat masih kecil, dari orang tua zaman dulu memang seperti itu, pasangan tersebut kesiku atau melakukan pelanggaran yang tak bisa dimaafkan.

Mbah Kersono menambahkan versi para orang tua dulu banyak kasus tersebut. Ia pun menangkap pesan bahwa yang disampaikan para leluhur itu punya kandungan maksud agar anak keturunannya selalu menjaga moralitas atau akhlak di setiap aktivitas sehari-hari.  

Seiring perkembangan zaman dan teknologi informasi, lanjut dia, kasus seks gancet malah jarang lagi terdengar. Dan seiring bertambahnya umur, pemahaman seks gancet yang didapat lebih ke arah hal yang ilmiah.   

"Dari sisi medis sebenarnya juga bisa dijelaskan. Gancet terjadi karena terjadinya kontraksi yang berlebihan penis dan vagina. Aliran darah dari jantung tidak lancar sehingga otot di bagian kelamin mengejang dan akhirnya mengunci," jelas pria bertubuh tambun yang juga ahli pengobatan alternatif ini. 

Soal seks gancet dari sisi medis, alodokter.com juga memberikan penjelasan serupa. Bahwa gancet atau penis captivus adalah keadaan ketika penis terjepit di dalam vagina saat berhubungan seks. Penis bisa terjepit karena otot vagina yang tiba-tiba menekan lebih kuat daripada biasanya.

Gancet bisa teratasi ketika ereksi berkurang, sehingga penis dapat dikeluarkan. Namun ada juga faktor-faktor lain yang menjadi pemicunya, misalnya karena perhiasan yang dikenakan pada organ intim. 

Penanganan gancet bisa dilakukan oleh dokter yang ahli di bidangnya. Khususnya jika kejadian tersebut berlangsung selama berjam-jam. Layanan medis biasanya menyuntikkan penenang otot untuk membantu meringankan kontraksi.

Baca juga: 

ALODOKTER juga berpesan jika kejadian tersebut terulang, segera konsultasikan ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan terkait dengan penyebabnya, mulai dari vaginismus atau masalah aliran darah pada organ seksual. 

Sebelumnya diberitakan, kasus gancet dikabarkan menimpa pria dan wanita di sebuah jalan di kawasan Talawi, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara. Belakangan, pihak kepolisian setempat menyatakan keduanya merupakan orang dengan gangguan jiwa yang berpegangan tangan tak mau dipisahkan satu sama lain. []

Berita terkait
Viral, Pasangan Diduga Mesum di Sumut Lengket saat Diangkut Polisi
Sebuah video yang menampilkan adegan seorang pria dan wanita gancet atau tak mau lepas setelah bermesraan di depan umum.
4 Larangan Setelah Berhubungan Seksual Demi Kesehatan
Terkait kesehatan, ada beberapa hal yang tidak boleh lakukan setelah berhubungan seks.
Menakar Efek Kebiri Kimia Pada Kasus Kekerasan Seksual
Pemerintah terbitkan PP (peraturan pemerintah) tentang pelaksanaan hukuman kebiri kimia bagi pelaku kejahatan seksual dengan harapan ada efek jera
0
Amerika Dorong Vaksinasi Covid-19 Dengan Hadiah Jutaan Dolar
Mulai dari hadiah uang tunai yang sangat besar hingga layanan tertentu secara cuma-cuma, merupaka upaya dorong warga untuk divaksinasi Covid-19