UNTUK INDONESIA
Sejumlah Ruko di Aceh Barat Ludes Dilalap Api
Sejumlah Rumah Toko (Ruko) di Desa Ujong Kalak, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Aceh, hangus terbakar, Jumat 16 Oktober 2020.
Petugas pemadam kebakaran dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat saat melakukan pemadaman di Desa Ujong Kalak, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Aceh. (Foto: Tagar/Vinda Eka Saputra)

Aceh Barat – Sejumlah Rumah Toko (Ruko) di Desa Ujong Kalak, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Aceh, hangus terbakar, Jumat 16 Oktober 2020.

Koordinator pemadam kebakaran dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat, Ahmad Syah mengatakan kebakaran terjadi sekitar pukul 14.00 WIB setelah salat Jumat.

“Untuk sementara itu ada dua toko yang terbakar dan untuk dugaan sementara belum bisa dipastikan, kami akan serahkan kepada tim dari kepolisian terkait penyebab kebakaran,” kata Ahmad Syah.

Kata dia, kedua ruko yang terbakar tersebut merupakan toko yang kesehariannya menjual barang-barang pecah belah ataupun toko kelontong dan yang satu lagi merupakan toko penjual sembako.

Untuk kerugian kita belum bisa kita taksir karena ini masih dalam proses pendinginan.

“Kalau untuk armada yang kami kerah kan itu ada dua dari posko induk, satu dari posko Meurebo dan satu mesin portable yan langsung kita arahkan ke sumber air terdekat,” katanya.

Setelah melakukan proses pemadaman api dan penyekatan agar api tidak meluas dan menjalar kebangunan yang lain selama sekitar satu setengah jam akhirnya api berhasil dipadamkan.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Johan Pahlawan, AKP Iswandi mengatakan pada saat kejadian pemilik ruko sedang tidak berada di lokasi kebakaran karena pulang ke rumah untuk melaksanakan ibadah salat Jumat.

“Untuk kerugian kita belum bisa kita taksir karena ini masih dalam proses pendinginan dan pemilik ruko juga sedang dalam musibah jadi belum bisa kita tanya berapa kerugiannya,” kata AKP Iswandi.

Sedangkan untuk penyebab kebakaran kata dia belum bisa dipastikan karena masih dalam proses penyelidikan pihak kepolisian namun dugaan sementara penyebab kebakaran adalah akibat konsleting arus listrik.

“Tapi nanti kalau ada penyebab lain nanti itu dalam penyelidikan oleh pihak dari reskrim Polres Aceh Barat dan juga dari Polsek Johan Pahlawan,” katanya. []

Berita terkait
Trauma Gempa Masih Membekas di Aceh Barat
Sebagian warga di Aceh Barat masih trauma saat gempa terjad. Mereka mengingat kembali kejadian bencana tsunami 2004 silam.
Cara Daftar dan Syarat Dapat Bantuan BPUM di Aceh Barat
Bantuan modal usaha bagi pelaku usaha mikro yang terkena dampak dari pandemi melalui Bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUM) sebesar Rp. 2.400.000.
Selama 9 Bulan, 853 Warga Aceh Barat Alami Gangguan Jiwa
Selama Januari-September 2020, Dinas Kesehatan mencatat 853 warga di Aceh Barat mengalami gangguan jiwa.
0
Tiga Warga Purworejo Edarkan Pil Koplo di Kulon Progo
Polres Kulon Progo menangkap empat orang setelah mengedarkan pil koplo. Tiga di antaranya warga Purworejo, Jawa Tengah.