UNTUK INDONESIA
Seberapa Ampuh Hand Sanitizer Membasmi Virus Corona?
Hand sanitizer kerap digunakan sebagai alternatif untuk menjaga kebersihan tangan, lantas apakah cairan ini ampuh basmi Corona? Ini penjelasannya.
ilustrasi hand sanitizer. (Foto: Pixabay/sweetlouise)

Jakarta - Hand sanitizer atau cairan pembersih tangan menjadi salah satu perlengkapan yang kerap digunakan sebagai alternatif untuk menjaga kebersihan tangan di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19. Tetapi seberapa ampuh hand sanitizer atau cairan pembersih tangan bisa membasmi virus berbahaya tersebut? 

Meski dianggap mampu membasmi virus atau kuman di tangan, Ada baiknya Anda mencuci tangan terlebih dahulu, karena pembersih tangan tidak menghilangkan setiap jenis kuman dan mungkin kurang efektif saat tangan terlihat kotor atau berminyak.

Dilansir dari Medical Daily, pakar kesehatan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mengatakan hand sanitizer tidak akan menghilangkan bahan kimia berbahaya dari tangan seperti pestisida dan logam berat. Sehingga, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir masih menjadi cara terbaik untuk mencegah penyebaran kuman atau virus, serta pastikan seluruh bagian tangan dicuci setidaknya dalam jangka waktu 20 detik.

Penelitian dalam jurnal peer-review Emerging Infectious Disease oleh CDC menujukkan penggunaan cairan pembersih tangan selama 30 detik efektif dalam menonaktifkan virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19. Tetapi, penelitian tersebut hanya menggunakan formulasi pembersih yang mengandung 80 persen etanol atau 75 persen isopropil alkohol dan disetujui oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sehingga penggunaan hand sanitizer selama 30 detik virus ditemukan tidak aktif secara efisien.

Terlepas dari hal tersebut, penggunaan hand sanitizer bisa menjadi pilihan jika sulit menemukan air mengalir untuk membersihkan tangan memakai sabun. Namun, yang terpenting yaitu untuk tetap menerapkan cara membersihkan tangan dengan baik dan benar.

Berikut Tagar berikan ulasan mengenai cara mencuci tangan yang benar dan tepat.

  • Basahkan tangan dengan air bersih yang mengalir, lalu matikan air dan oleskan sabun.
  • Gosok hingga berbusa di area seperti bagian belakang tangan, sela-sela jari, dan bagian bawah kuku.
  • Gosok tangan tersebut kurang lebih selama 20 detik.
  • Bersihkan kembali tangan menggunakan air bersih yang mengalir.
  • Setelah itu, keringkan tangan menggunakan handuk bersih atau udara kering.

Baca juga:

Berita terkait
3 Penyakit Penyerta Covid-19 Berisiko Kematian
Terdapat tiga penyakit penyerta Covid-19 yang berisiko terjadinya kematian, seperti diabetes, hipertensi, dan penyakit jantung. Ini penjelasannya.
Cara Aman Melindungi Anak dari Covid-19 di Luar Rumah
Diperlukan cara untuk melindungi anak-anak agar terhindar dari virus Corona atau Covid-19 saat berada di luar rumah. Berikut ini penjelasannya.
7 Tempat yang Harus Diwaspadai Bisa Menularkan Corona
Ada beberapa tempat yang perlu diwaspadai karena berisiko menjadi tempat penularan virus Corona. Berikut tempat yang bisa menularkan Corona.
0
Seberapa Ampuh Hand Sanitizer Membasmi Virus Corona?
Hand sanitizer kerap digunakan sebagai alternatif untuk menjaga kebersihan tangan, lantas apakah cairan ini ampuh basmi Corona? Ini penjelasannya.