UNTUK INDONESIA
Tips Agar Tak Terpapar Corona di Lift dan Eskalator
Ketika menggunakan fasilitas umum seperti lift dan eskalator sebaiknya tetap waspada agar terhindar dari paparan virus Corona atau Covid-19.
Ilustrasi Physical Distancing Lift. (Foto: www.straitstimes.com/ST PHOTO/KELVIN CHNG)

Jakarta - Memasuki era new normal, sebagain besar pusat perbelanjaan atau perkantoran mulai dibuka kembali usai ditutup akibat pandemi virus Corona atau Covid-19. Namun, pakar kesehatan mengingatkan untuk tetap menerapkan upaya pencegahan diri dari risiko terpapar Covid-19 saat memanfaatkan fasilitas di tempat tersebut seperti lift dan eskalator.

Dilansir dari Medical Daily, spesialis penyakit menular di South Shore Health, Dr. Simone Wildes menganjurkan agar tetap waspada agar terhindar dari virus Corona. "Risiko terkena virus Corona di dalam naik lift rendah. Namun, terus mengambil tindakan pencegahan saat naik di lift. Selalu memakai masker," kata Simone.

Direktur penyakit menular di South Health di Weymouth, Massachusetts. Dr. Todd Ellerin menyarankan sebaiknya untuk tidak berlama-lama di lift guna menurunkan potensi tertular virus. Selain itu, pihak pengelola gedung juga sebaiknya membatasi kapasitas orang yang naik lift. Lantas, apakah menggunakan tangga lebih baik?

Apabila seseorang ingin pergi ke area lantai yang tinggi, tentu lebih baik menggunakan lift. Namun, jika tujuannya hanya naik atau turun beberapa lantai menggunakan tangga tentu solusi yang tepat untuk dipilih.

Cara tersebut bukan hanya meminimalisir potensi terinfeksi virus Corona, namun bisa membantu menurunkan berat badan. Terdapat sejumlah contoh kasus penyebaran virus Corona yang penularannya di lingkungan kantor. Pada Maret lalu, di Seoul Korea Selatan, virus corona menyebar di antara karyawan yang bekerja di lantai yang sama, tetapi virus tersebut tidak menular secara vertikal atau di lantai lainnya.

Terlepas dari seberapa besar kemungkinan atau potensi tertular dan menyebarkan virus saat berada di lift, yang terpenting saat ini tetap menerapkan protokol kesehatan. Praktikanlah aturan yang diimbau, seperti jaga jarak sosial, memakai masker, serta tidak menyentuh permukaan yang sering disentuh orang lain, ini sangat penting untuk menghindari Covid-19. 

Baca Juga:

Berita terkait
Dexamethasone Obat Ampuh Mengatasi Serangan Covid-19
Dexamethasone menjadi obat baru yang dipercaya bisa mengatasi Covid-19, lantas apa kegunaan obat ini sebenarnya? Ini penjelasannya.
3 Penyakit Penyerta Covid-19 Berisiko Kematian
Terdapat tiga penyakit penyerta Covid-19 yang berisiko terjadinya kematian, seperti diabetes, hipertensi, dan penyakit jantung. Ini penjelasannya.
Risiko Pakai Sarung Tangan Saat Belanja Selama Corona
Selama masa pandemi Corona, ternyata menggunakan sarung tangan saat belanja tidak efektif untuk mencegah penularan virus berbahaya tersebut.
0
Tips Agar Tak Terpapar Corona di Lift dan Eskalator
Ketika menggunakan fasilitas umum seperti lift dan eskalator sebaiknya tetap waspada agar terhindar dari paparan virus Corona atau Covid-19.