UNTUK INDONESIA
Satgas: Angka Kesembuhan Pasien Covid-19 Bertambah
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Reisa Broto Asmoro, mengatakan angka kesembuhan pasien Covid-19 pada Senin, 14 September 2020 bertambah.
Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19 dokter Reisa Kartika Sari Broto Asmoro. (Foto: dok BPBD)

Jakarta - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Reisa Broto Asmoro, mengatakan tingkat kesembuhan pasien Covid-19 pada hari ini, Senin, 14 September 2020, mengalami penambahan sebanyak 3.395 kasus dan kesembuhan pasien total menjadi sebanyak 158.405 kasus dengan recovery rate (tingkat kesembuhan) di angka 71 persen.

Menurutnya, angka itu terbilang tinggi dan pemerintah terus mengupayakan hal tersebut. Namun begitu, Reisa mengatakan penambahan kasus positif baru hari ini sebanyak 3.141 kasus dan kumulatifnya 221.523 kasus. Angka penambahan kasus itu juga menurutnya masih terbilang tinggi.

"Angka ini (kesembuhan) cukup tinggi ya, artinya 7 diantaranya 10 orang yang terkena Covid-19 sudah sembuh," kata Reisa di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Senin, 14 September 2020.

Reisa mengatakan, berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan, bed occupancy ratio (BOR) atau ketersedian tempat tidur sejauh ini dalam kondisi aman. Menurutnya kondisi ini dapat mengantisipasi lonjakan jika terjadi lonjakan 20 persen sesuai ketentuan World Health Organization (WHO).

"Tetapi tentu kita tidak harapkan itu akan terisi ya," ujar dia.

Ia juga menyebut, Indonesia saat ini masih dihadapkan dengan pandemi Covid-19. Untuk itu, ia mengimbau masyarakat untuk terus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan serta harus dilaksanakan tanpa terkecuali.

Selain itu, kata Reisa, kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masih tetap diberlakukan untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19. Ia juga meminta kepada masyarakat untuk terus menjalankan protokol kesehatan yang disarankan pemerintah.

"Penerapan protokol kesehatan harus dilakukan secara bersama-sama. Tidak mungkin hanya menggantungkan pada pemerintah saja. Kampanye menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan menghindari kerumunan harus dilakukan secara masif," kata Reisa. []

Berita terkait
Satgas: Jumlah Kasus Aktif Covid-19 di Daerah Turun
Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro mengatakan jumlah kasus aktif virus corona di berbagai daerah di Indonesia mengalami penurunan.
Anies Baswedan Jangan Overdosis Urus Covid-19
Airlangga Hartarto meminta agar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak overdosis saat mengurusi pendemi virus corona (Covid-19).
Doni Monardo: Di Rumah Saja Tak Jamin Kebal Covid-19
Doni Monardo mengatakan hingga kini semua orang rentan dan tidak ada yang kebal terhadap paparan virus corona, meski telah berdiam diri di rumah.
0
Wanita Muda di Medan Tewas Bunuh Diri
Wanita berusia 31 tahun ditemukan tewas tergantung di dalam rumahnya di Jalan Bunga Rampai VII, Kota Medan, Sumut.