UNTUK INDONESIA
Pemerintah Tambah Jumlah Faskes - Nakes Covid-19
Menkes Terawan mengatakan pemerintah terus melakukan persiapan serta penambahan penyediaan tenaga medis dan fasilitas kesehatan tangani Covid-19.
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto di Kantor Presiden, Jakarta, Senin, 14 September 2020 (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden).

Jakarta - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menegaskan pemerintah telah mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan dalam penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia, termasuk penyediaan tenaga medis, ruang perawatan, hingga dukungan penuh dari instansi lembaga baik pemerintah maupun swasta.

Terawan menyebut, untuk tenaga medis juga sudah siap bekerja termasuk bantuan tenaga relawan. Menurutnya, hingga saat ini sudah ada sebanyak 16.286 orang relawan Tenaga Kesehatan Nusantara Sehat dan internship (magang) yang sudah ditempatkan dan tersebar di rumah sakit serta laboratorium sarana kesehatan untuk melayani terkait Covid-19.

"Dan masih ada 3.500 dokter internship, 800 Tenaga Nusantara Sehat," kata Terawan di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Senin, 14 September 2020.

"Di samping itu, ada tenaga relawan 685 orang, termasuk ada dokter spesialis paru, anastesi, penyakit dalam dan tenaga kesehatan lain seperti perawat, dokter umum dan lainnya yang siap di-deploy-kan (diterjunkan), siap untuk membantu bila dibutuhkan tenaga tambahan," kata dia lagi.

Terawan juga menegaskan, saat ini pemerintah masih akan terus berfokus pada penanganan pandemi Covid-19. Ia mengatakan untuk kesiapan fasilitas kesehatan (Faskes) pemerintah telah menambah tempat isolasi pasien baik untuk gejala ringan atau yang tanpa gejala.

"Untuk yang gejala ringan di Jakarta disiapkan rumah sakit darurat Wisma Atlet Kemayoran. Disiapkan dua tower, tower 6 terdapat tempat tidur sebanyak 1.746, sudah terisi 888. Sedangkan tower 7 terdapat 2.472 tempat tidur, baru terisi 749," ujar dia.

Selain itu, Terawan juga menyebut bagi pasien tanpa gejala, flat isolasi mandiri Wisma Atlet Kemayoran menyiapkan tower 4 dan 5. Tower 4 terdapat 2.472 tempat tidur yang belum terisi. Sementara, lanjut dia, di tower 5 ada 2.472 tempat tidur baru terisi 81.

"Tak hanya itu, pemerintah juga telah menyiapkan sejumlah balai pelatihan kesehatan (Bapelkes) di Jakarta maupun di Ciloto kapasitas ada 326 kamar yang bisa menampung 653 orang," ujar dia. []

Berita terkait
Anies Baswedan Jangan Overdosis Urus Covid-19
Airlangga Hartarto meminta agar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak overdosis saat mengurusi pendemi virus corona (Covid-19).
Doni Monardo: Posko Covid-19 Wajib Ada di Tiap Daerah
Kepala Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo, mewajibkan seluruh daerah di Indonesia agar memiliki posko Covid-19.
Doni Monardo: Di Rumah Saja Tak Jamin Kebal Covid-19
Doni Monardo mengatakan hingga kini semua orang rentan dan tidak ada yang kebal terhadap paparan virus corona, meski telah berdiam diri di rumah.
0
Yogyakarta Kekurangan ASN, Terbanyak di Dua Profesi
Pemda DIY mengalami kekurangan pegawai di dua profesi. Apalagi tahun ini ada 800 ASN yang memasuki masa pensiun.