UNTUK INDONESIA
Doni Monardo: Di Rumah Saja Tak Jamin Kebal Covid-19
Doni Monardo mengatakan hingga kini semua orang rentan dan tidak ada yang kebal terhadap paparan virus corona, meski telah berdiam diri di rumah.
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo. (Foto: BNPB)

Jakarta - Kepala Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo, mengatakan hingga kini semua orang rentan dan tidak ada yang kebal terhadap paparan virus corona, meski telah berdiam diri di rumah sekali pun. Lantaran itu, ia meminta kepada masyarakat untuk tidak menyepelekan protokol kesehatan di mana pun berada.

"Saya rasa tidak ada orang yang kebal Covid-19. Jadi kalau ada orang yang menganggap kebal Covid-19 mohon maaf, mungkin belum kena saja," kata Doni saat menjawab pertanyaan dalam konferensi pers secara virtual melalui YouTube BNPB, Minggu sore, 13 September 2020.

Doni mengatakan, di tengah situasi saat ini seluruh masyarakat harus dapat betul-betul memperhatikan dirinya masing-masing. Hal itu guna mengantisipasi penularan virus corona dari orang terdekat.

Ia menulai, seseorang yang berada di rumah tanpa melakukan aktivitas di luar ruangan sekali pun bisa berpeluang terpapar virus corona.

"Pada dasarnya sekarang ini kita bisa dengan mudah terpapar Covid-19, karena diantara kita bisa jadi ada yang menjadi pembawa Covid-19. Di rumah pun, jangan kita pikir akan aman, mohon maaf kalau ada yang mengatakan di rumah saja aman, belum tentu," kata dia.

"Kenapa? Karena hasil dari pertanyaan tim wisma atlet kepada sekitar 944 pasien yang sekarang dirawat, itu ada 7 persen mereka yang sama sekali enggak pernah keluar rumah," ucap Doni.

Selain itu, Doni juga menjelaskan alasan mengapa semua orang rentan terpapar Covid-19. Menurutnya, aktor penularan dari orang terdekat menjadi salah satu unsur.

"Lantas pertanyaan nya kenapa kok bisa kena Covid-19? Tentu tidak mungkin Covid-19 datang sendirian, karena Covid-19 ini yang bawa bukan hewan seperti flu babi dan flu burung," ujar Doni.

"Covid-19 ini yang membawa manusia, ketika ternyata ada salah satu keluarga kita yang kena Covid-19 penyebabnya sudah pasti adalah diantara anggota keluarga aktivitas diluar tanpa diketahui, lantas akhirnya menular kepada keluarga yang dirumah," kata dia. []


Berita terkait
PSBB Tanpa Koordinasi, Anies Susahkan Banyak Orang
Pengamat menilai kebijakan Anies Baswedan soal pemberlakuan kembali PSBB di DKI Jakarta hanya akan menyusahkan banyak orang jika tanpa koordinasi.
Soal PSBB, Anies Baswesan Harus Dengar Saran Ahli
Pengamat menilai Anies Baswedan harusnya melibatkan ahli atau pakar epidemiologi dalam pembahasan mengenai kebijakan kembali PSBB di Jakarta.
Soal PSBB Sepihak, Anies Baswedan Bisa Kena Sanksi?
Pengamat bahas peluang adanya sanksi terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dari pemerintah pusat terkait pemberlakuan PSBB sepihak.
0
Jika Terlibat Bentrok, Mahasiswa UNM Kena Sanksi
Universitas Negeri Makassar (UNM) akan memberikan sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku bagi mahasiswa yang terlibat Demo bentrok.