UNTUK INDONESIA
Rumah Petak di Bukittinggi Hangus Terbakar
Rumah petak terbakar di Bukittinggi. Kerugian ditaksir mencapai Rp 500 juta.
Kebakaran yang menghanguskan tiga petak rumah kontrakan di Kota Bukittinggi. (Foto: Tagar/Rifa Yanas)

Bukittinggi - Tiga petak rumah kontrakan dan satu rumah semi permanen hangus terbakar di Kota Bukittinggi, Selasa, 1 September 2020. Lokasi berada di Sanjai Dalam, RT 001 RW 001 Kelurahan Manggis Ganting. Peristiwa itu dilaporkan terjadi sekitar pukul 16.30 WIB.

Penghuni ada 3 Kepala Keluarga dengan total 15 orang anggota keluarga keseluruhan.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah itu. Namun, rumah yang terbuat dari papan membuat api cepat menghanguskan bangunan. Kerugian bahkan ditaksir hingga 500 juta rupiah.

“Api diduga berasal dari rumah petak paling ujung. Menurut keterangan saksi, diduga ada anak-anak muda yang sedang memperbaiki sepeda motor. Lokasi tersebut sering digunakan tempat memperbaiki kendaraan roda dua,” kata Bhabinkamtibmas Manggis Ganting, Aipda Roni melalui pesan WhatsApp.

Peristiwa itu dengan cepat viral di media sosial karena banyaknya warga yang mendokumentasikan melalui telepon seluler di lokasi kejadian. Warga setempat bahu-membahu memadamkan api dengan peralatan seadanya. Sebagian warga lainnya juga berpartisipasi mengungsikan beberapa barang berharga yang bisa diselamatkan.

Kapolsek Kota Bukittinggi AKP Dedy Adriansyah melaporkan pemilik rumah kontrakan itu adalah Asmawati, 50 tahun. Selain tiga petak rumah kontrakan dan satu rumah pribadi, satu unit sepeda motor juga gosong terpanggang.

“Penghuni ada 3 Kepala Keluarga dengan total 15 orang anggota keluarga keseluruhan. Api cepat membesar karena rumah terbuat dari papan dan seng,” katanya.

Api baru dapat dipadamkan setelah satu jam kemudian. Ada 8 unit mobil pemadam kebakaran yang datang ke lokasi. Terdiri dari 6 unit milik Pemko Bukittinggi dan 2 unit Damkar Agam.

“Penyebab kebakaran belum diketahui. Saat ini kami masih melakukan penyelidikan kasus tersebut,” tuturnya.[]

Berita terkait
Ruang Isolasi Corona RSAM Bukittinggi Penuh
Ruangan isolasi RSAM Bukittinggi dinyatakan penuh. Kondisi ini terjadi karena meningkatkan jumlah pasien positif corona.
Tanaman Hias, Potensi Ekonomi Baru di Bukittinggi
Pemerintah Kota Bukittinggi mendorong petani tanaman hias terus menggembangkan produk agar bisa membuka peluang ekonomi baru.
BRI Sumbang 150 Juta untuk Pendidikan di Bukittinggi
BRI mengelontorkan dana bantuan pendidikan sebesar Rp 150 juta di Kota Bukittinggi.
0
Polisi Ringkus Remaja Pengangguran Curi Uang Sopir di Sragen
Remaja pengangguran di Sragen diringkus polisi karena mencuri uang dan HP milik seorang sopir truk.