UNTUK INDONESIA
Rumah di Kulon Progo Terbakar Saat Pemadaman Listrik
Dapur rumah warga di Kulon Progo, Yogyakarta dilalap si jago merah. Kejadian kebakaran saat pemadaman listrik berlangsung.
Petugas berupaya memadamkan api di Kulon Progo, Yogyakarta. (Foto: Tagar/Harun Susanto)

Kulon Progo - Kejadian kebakaran terjadi di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Si jago merah menghabiskan sebuah dapur milik Muh Malik Udin, 58 tahun. Peristiwa terjadi pada Jumat 31 Juli 2020 malam saat pemadaman aliran listrik sedang berlangsung.

Akibat dari kejadian ini, dapur rumah milik warga Pedukuhan Punukan, Kalurahan Wates, Kapanewon Wates ini hangus terbakar. Kejadian kebakaran tersebut terjadi saat seluruh anggota keluarga sedang tertidur karena oleh mati listrik.

Sekitar pukul 23.00 WIB, dirinya terbangun karena listrik menyala. "Saat itulah saya lihat ada api di dapur," ucap Muh Malik Udin, di Kulon Progo, Sabtu, 31 Juli 2020 dini hari.

Malik Udin menjelaskan, sebelum tidur, dirinya dan keluarga memang menyalakan lilin. Diduga, lilin yang ditaruh di atas meja dapur tersebut menyambar dinding dapur yang terbuat dari kayu. Api kemudian membakar kayu dan dengan cepat api menjalar ke seluruh bagian dapur.

Saat itulah saya lihat ada api di dapur

Gudang yang dipakai untuk menyimpan kayu bakar yang posisinya bersebelahan dengan dapur akhirnya juga terbakar dan menimbulkan kobaran semakin membesar. Adapun kerugian akibat kejadian ini mencapai sekitar Rp 2 juta. Meski menghabiskan bagian dapur, seluruh anggota keluarga Malik Udin bisa menyelamatkan diri.

Sementara itu, personel pemadam kebakaran Kulon Progo, Gito Waluyo mengatakan, api berhasil dipadamkan oleh tim dengan dibantu warga dan relawan gabungan pada Sabtu dinihari, sekitar pukul 01.00 WIB. Pihaknya, menerjunkan dua armada untuk memadamkan api. "Kami terkendala medan karena akses jalan yang kecil sehingga menyulitkan armada masuk," ungkapnya. []

Baca Juga:

Berita terkait
Tiga Rumah di Pasangkayu Sulbar Hangus Terbakar
Tiga rumah milik warga di Dusun Godang, Desa Kulu, Kecamatan Lariang, Kabupaten Pasangkayu Sulbar hangus terbakar.
Kantor Terbakar, Pegawai Dinkes Sulsel Tetap Masuk
Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan memastikan pelayanan publik di kantornya masih tetap berjalan meski sejumlah ruangan terbakar.
Mobil Pedagang Masker di Makassar Hangus Terbakar
Sebuah mobil bernomor polisi DD 1202 AL yang sementara berjualan masker di Kota Makassar hangus dilalap api.
0
Rumah di Kulon Progo Terbakar Saat Pemadaman Listrik
Dapur rumah warga di Kulon Progo, Yogyakarta dilalap si jago merah. Kejadian kebakaran saat pemadaman listrik berlangsung.