UNTUK INDONESIA
Ribut di Golkar Reda, Pimpinan DPRD Dairi Dilantik
Setelah melalui proses panjang, karena polemik di internal Partai Golkar, tiga Pimpinan DPRD Kabupaten Dairi 2019-2024 dilantik.
Ketua Pengadilan Negeri Sidikalang, Ledis Meriana Bakara memandu pengucapan sumpah janji jabatan Pimpinan DPRD Dairi, masa jabatan 2019-2014. (Foto: Tagar/Robert Panggabean)

Dairi - Setelah melalui proses panjang, karena adanya polemik di internal Partai Golkar, tiga orang Pimpinan DPRD Kabupaten Dairi masa jabatan 2019-2024 diambil sumpah janjinya, dalam Rapat Paripurna Istimewa, Selasa, 3 Desember 2019, di Gedung Nasional Djauli Manik Sidikalang.

Penggunaan Gedung Nasional menjadi ruang sidang, karena gedung DPRD Dairi sedang direnovasi.

Pengucapan sumpah janji dipimpin Ketua Pengadilan Negeri Sidikalang, Ledis Meriana Bakara. Ketiga pimpinan dimaksud, Sabam Sibarani (Golkar) sebagai ketua, dan dua wakil ketua, Alvensius Tondang (PDIP) serta Wanseptember Situmorang (Demokrat).

Sidang dipimpin Ketua sementara DPRD Dairi, Depriwanto Sitohang. Mengawali sidang, Depriwanto memaparkan hasil yang telah dicapai, dan tugas yang belum diselesaikan, dalam dua bulan kepemimpinan ketua sementara.

Disebut Depriwanto, telah difasilitasi penetapan Fraksi. Ada tujuh fraksi yaitu, Fraksi Golkar, PDIP, Demokrat, Hanura, Nasdem, Gerindra dan Fraksi Pertaki.

Kemudian, telah dibentuk tim penyusun tata tertib (tatib) dengan Ketua Nasib Sihombing dan Sekretaris Mardaulat Girsang.

Kerja sama dan sinergitas lembaga DPRD dan eksekutif sangat menentukan keberhasilan pembangunan

Selanjutnya, memfasilitasi penetapan pimpinan DPRD Dairi definitif.

Sementara, tugas yang belum terselesaikan, disebut Depriwanto, penangan hog kolera yang disuarakan lintas NGO yang tergabung dalam aliansi pemerhati ternak babi Dairi.

Kemudian, dugaan pelanggaran hukum dalam kebijakan mutasi yang dilakukan Pemkab Dairi sebagaimana disampaikan puluhan mantan kepala sekolah SD dan SMP ke DPRD Dairi, pada Senin, 2 Desember 2019.

Diharapkan, aspirasi masyarakat segera ditindaklanjuti dan dituntaskan di bawah kendali pimpinan definitif, sehingga tidak ada pihak yang dirugikan.

Setelah dilantik dan serah terima berkas serta palu pimpinan dari ketua sementara, Ketua DPRD Dairi, Sabam Sibarani, menyampaikan apresiasi kepada segenap unsur yang telah mendukung proses hingga pelantikan terlaksana.

Untuk memaksimalkan tugas-tugas pimpinan DPRD Dairi ke depan, Sabam meminta dukungan dari semua stakeholder.

Sementara itu, Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu dalam sambutannya mengatakan, melalui pelantikan pimpinan DPRD, diharapkan agenda pembangunan Dairi akan dapat dimaksimalkan.

"Kerja sama dan sinergitas lembaga DPRD dan eksekutif sangat menentukan keberhasilan pembangunan dalam mewujudkan Dairi unggul, dalam harmoni keberagaman," kata Eddy.[]

Berita terkait
Bupati Dairi Lantik 9 Kasek Meski Dinilai Tak Layak
Sembilan orang kasek dilantik Bupati Dairi meski tidak memenuhi kriteria.
Dipecat, Puluhan Kasek di Dairi Mengadu ke DPRD
Puluhan kepala sekolah di Kabuten Dairi protes pengangkatan kepala sekolah yang disebut melanggar aturan.
Peternak Dairi Setuju Pemusnahan Ternak Asal Diganti
Sejumlah peternak babi di Sumatera Utara setuju ternaknya dimusnahkan asalkan ada ganti rugi dari pemerintah.
0
Waspada Info Hoaks Penculikan Anak di Surabaya
Polrestabes Surabaya mengonfirmasi jika sampai saat ini belum ada kasus penculikan anak di Surabaya dan meminta warga untuk menyaring informasi.