UNTUK INDONESIA

Ribuan Pelayat Selimuti Area Pemakaman Habib Hasan Assegaf

Habib Hasan Assegaf wafat pada Minggu (27 Desember 2020) setelah subuh. Jenazahnya disalati dan dimakamkan di lingkungan Masjid Agung Al-Anwar.
Habib Hasan bin Muhammad bin Hud Assegaf. (Foto: Istimewa)

Jakarta - Habib Hasan Assegaf wafat pada Minggu (27 Desember 2020) setelah subuh. Jenazahnya disalati dan dimakamkan di lingkungan Masjid Agung Al-Anwar, Pasuruan.

Ribuan pelayat dari berbagai daerah rela berdesakan untuk bisa masuk ke masjid agar bisa mengikuti salat jenazah. Masjid dua lantai itu dipenuhi para jemaah, bahkan meluber ke jalan hingga sisi barat alun-alun.

Tapi seperti terlihat di area alun-alun dan sekitarnya, masyarakat yang hadir sebagian sangat besar telah menggunakan masker, meskipun sulit melakukan jaga jarak

Semasih hidupnya, Habib Hasan Assegaf dikenal bersahaja dan dicintai oleh banyak kalangan. Ribuan pelayat tersebut juga menghadiri pemakamannya sekitar pukul 14.00 WIB.

Mereka datang untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Habib Hasan bin Muhammad bin Hud Assegaf.

Kokoh Arie Hidayat, juru bicara Satgas Covid-19 Kota Pasuruan, mengatakan kejadian yang ada di pemakaman tersebut di luar dugaan. Sebab, kedatangan warga tidak direncanakan.

"Kejadian seperti hari ini pada pemakaman Habib Hasan memang di luar dugaan kami. Beliau memang tokoh agama yang disegani sehingga masyarakat dalam jumlah yang sangat besar ingin mengikuti pemakaman beliau," kata Kokoh.

Dia berujar, jika kegiatan tersebut sudah direncanakan, pihaknya pasti bisa melakukan langkah antisipasi. Seperti penyekatan dan sosialisasi jauh hari sehingga pelaksanaannya bisa tertib dan sesuai dengan protokol kesehatan.

Kendati demikian, kata dia, sebagian besar warga memakai masker, walau sulit melakukan jaga jarak. Dia berharap atas kerumunan itu tidak ada penyebaran Covid-19.

"Tapi seperti terlihat di area alun-alun dan sekitarnya, masyarakat yang hadir sebagian sangat besar telah menggunakan masker, meskipun sulit melakukan jaga jarak. Kita berharap dan berdoa, agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan terkait penyebaran Covid-19," pungkas Kokoh. [] (Magang/Nanda Alifah)

Berita terkait
Syekhermania Selawat Virtual Bareng Ganjar dan Habib Syech
Rindu berselawat bareng Habib Syech terobati. Bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, syekhermania mengumandangkan selawat secara virtual.
Alasan Fachrul Razi Angkat Habib Luthfi Penasihat Kemenag
Habib Luthfi diangkat sebagai penasihat Kemenag bukan dalam jabatan struktural pemerintahan.
Simpatisan Habib Rizieq Protes: Singgung PKI dan Azab Tuhan
Beberapa emak-emak simpatisan Habib Rizieq Shihab mengomel ke Polisi, singgung PKI dan azab Tuhan karena tidak diperbolehkan demonstrasi.
0
Muncul di GeekBench, Samsung Galaxy A72 4G Hadir 2021
Samsung Galaxy A72 4G yang dirumorkan akan dirilis dalam waktu dekat, ternyata sudah terlihat di daftar GeekBench.