Resep Singkong Thailand Keju, Menu Kudapan saat Bersantai

Tak hanya Indonesia yang memiliki menu singkong keju tapi negara Thailand juga memiliki makanan jenis ini yang merupakan kudapan saat bersantai.
Ilustrasi - Resep singkong Thailand keju. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta – Tak hanya Indonesia yang memiliki menu singkong keju, tapi negara Thailand juga memiliki makanan jenis ini yang merupakan salah satu hidangan penutup atau kudapan saat bersantai yang digemari banyak orang dari berbagai umur dan kalangan.

Oleh sebab itu, untuk mengisi waktu kosong Anda di rumah, tak ada salahnya untuk mencoba membuat menu kudapan singkong keju ala Thailand yang siap menemani hari Anda.

Pembuatan hidangan penutup berbahan dasar singkong atau ubi kayu ini cukup mudah, karena bahan-bahannya pun mudah ditemukan dengan harga yang terjangkau.

Sekilas menu yang satu ini memang mirip dengan kolak singkong, tetapi proses pembuatannya agak berbeda. Jika pada pembuatan kolak, kuah santan dicampur dan diberikan gula merah, maka pada singkong Thailand, kuah santan dipisahkan dan akan terasa lebih kental. Selain itu, kuah santan di menu ini juga menggunakan gula pasir, sehingga tampak putih bersih.

Singkong keju sangat cocok untuk menemani waktu santaimu bersama keluarga dan teman-teman. Berikut ini adalah resep singkong Thailand keju.


Resep Singkong Thailand Keju

Berikut ini resep singkong Thailand keju sebagai hidangan penutup yang membuat Anda ketagihan.

Bahan-bahan

  • Singkong 1/2 kg
  • Air secukupnya untuk merebus singkong
  • Daun pandan 1 lembar, potong-potong atau simpulkan
  • Garam 1 sendok teh
  • Air 400 ml
  • Santan instan 65 ml
  • Susu kental manis 1 sachet
  • Gula pasir 3 sendok makan
  • Garam 1 sendok teh
  • Maizena 1-3 sendok makan, larutkan dengan air secukupnya
  • Vanilla bubuk 1 sendok teh
  • Daun pandan 1 lembar, potong-potong atau simpulkan
  • Topping keju cheddar parut

Langkah-langkah

  1. Kupas, potong-potong, dan cuci bersih singkong. Rebus singkong, daun pandan, dan garam menggunakan air secukupnya sampai matang dan empuk.
  2. Masukkan semua bahan vla ke panci kecuali larutan maizena. Masak vla sampai meletup-letup sambil terus diaduk.
  3. Masukkan larutan maizena dan aduk sebentar. Matikan api. Ambil wadah baru, masukkan beberapa sendok singkong, siram dengan vla dan berikan topping keju parut. Dinginkan sebentar sesuai selera agar lebih nikmat.

Nah, itulah resep singkong keju ala Thailand yang dapat Anda santap di rumah tanpa harus membelinya di restoran Thailand. []

Berita terkait
Resep Ceker Pedas Sederhana untuk Keluarga
Ayam merupakan salah satu hewan yang banyak disukai manusia oleh sebab itu beragam resep ayam disajikan salah satunya resep ceker pedas sederhana.
Resep Wedang Uwuh Sebagai Minuman Penghangat
Salah satu minuman yang kaya akan rempah adalah wedang uwuh sebagai minuman penghangat apalagi saat musim hujan minuman ini banyak dicari orang.
Resep Nasi Goreng Spesial Ala Restoran Bikin Ketagihan
Nasi goreng ala restoran dapat Anda buat di rumah saat akhir pekan bersama keluarga selaian cara membuatnya yang mudah harganya pun terjangkau.
0
Resep Singkong Thailand Keju, Menu Kudapan saat Bersantai
Tak hanya Indonesia yang memiliki menu singkong keju tapi negara Thailand juga memiliki makanan jenis ini yang merupakan kudapan saat bersantai.