UNTUK INDONESIA

Resep Praktis Membuat Puding Jagung

Puding biasanya untuk camilan atau dessert. Tetapi, terdengar asing jika jagung dijadikan dessert. Pernah mencoba puding digabung dengan jagung?
Sajian puding jagung yang telah siap disantap. (Foto: Instagram/tastemadeindonesia)

Jakarta – Jagung atau zea mays dalam bahasa latinnya merupakan salah satu hasil dari tanaman pangan yang memiliki karbohidrat. Biasanya jagung digunakan sebagai bahan pelengkap dalam menyajikan sayur, disantap dengan hanya merebus atau membakarnya saja. Kali ini jagung divariasikan dan dipadukan dalam menu puding yang biasa dijadikan sebagai dessert atau makanan penutup.

Bagi pecinta makanan manis, puding jagung bisa menjadi salah satu pilihan. Selain memiliki rasa yang cukup manis, tekstur puding itu sendiri lembut, sedikit kenyal dan dapat terasa lumer di dalam mulut.

Baca Juga:

Puding jagung ini bisa dibuat dan disajikan untuk diri sendiri, keluarga, atau untuk dijadikan sebagai bisnis. Tidak hanya memiliki rasa yang nikmat serta tekstur yang menarik, puding jagung ini juga memiliki kandungan yang baik untuk tubuh.

Hanya dengan menggunakan empat bahan, puding jagung dapat dibuat sendiri di rumah. Berikut resep membuat puding jagung dengan praktis yang dikutip oleh Tagar dari Tastemade.

Bikin Puding JagungProses memasukkan jagung yang telah dihaluskan bersama bahan lainnya. (Foto: Tastemade)

Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat puding jagung antara lain, tepung agar-agar plain, jagung manis, susu cair, air, gula, dan garam. Pertama, ambil satu buah jagung manis, pisahkan butiran jagungnya dari batang. Haluskan butiran-butiran jagung tadi dengan menggunakan blender yang berisi air sebanyak 350 ml.

Lalu campurkan jagung yang sudah diblender tadi dengan gula pasir sebanyak 150 gram, ½ sendok teh garam, dan satu bungkus tepung agar-agar plain. Aduk seluruh bahan tersebut dengan merata. Jika sudah, pindahkan dalam wadah untuk dimasak dengan api yang tidak begitu besar hingga mendidih.

Baca Juga:

Selanjutnya, siapkan susu cair sebanyak 250 ml. Saat bahan-bahan sebelumnya sudah mendidih, tambahkan susu cair yang telah disiapkan. Aduk seluruh bahan yang sedang dimasak, dan tunggu hingga mendidih. Jika sudah mendidih, tuangkan bahan-bahan yang telah dimasak tadi ke dalam cetakan yang diinginkan.

Lalu, dinginkan puding yang sudah tersaji dalam cetakan tersebut hingga mengeras sempurna. Puding jagung pun dapat dinikmati setelah didinginkan dalam beberapa waktu ke depan. (Hafidjah Nuraulia S)

Berita terkait
Resep Rahasia Membuat Kuliner Buntil Nikmat
Buntil adalah salah satu kuliner tradisional khas Jawa, khususnya Jawa Tengah, yang banyak digemari. Berikut resep rahasia membuat buntil nikmat.
Resep dan Cara Mudah Bikin Salmon Mentai Rice yang Lagi Hits
Baru-baru ini, mentai menjadi salah satu makanan yang hits di Indonesia. Ternyata bisa loh, untuk dibuat sendiri di rumah dengan cara yang mudah.
Resep Es Krim Rumahan Mudah Dibuat dan Murah
Es krim bisa dibuat sendiri di rumah. Penasaran seperti apa resep es krim rumahan? yuk simak berikut ini.
0
Resep Praktis Membuat Puding Jagung
Puding biasanya untuk camilan atau dessert. Tetapi, terdengar asing jika jagung dijadikan dessert. Pernah mencoba puding digabung dengan jagung?