Resep Leker, jajanan legendaris

Leker salah satu jajanan legendaris di Indonesia yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda, berikut cara membuatnya.
Leker. (Foto : Tagar/Cookpad)

Jakarta - Leker merupakan salah satu jajanan legendaris di Indonesia. Leker, kue yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Banyak yang mengira leker ini mirip dengan crepes. Namun, sebenarnya berbeda dari teksturnya yang lebih tipis dan garing. Segi, bentuk, dan alat yang digunakan untuk membuatnya pun berbeda.

Leker ini, membuat kita mengingat kembali masa-masa sekolah dulu, karena jajanan ini banyak dijual oleh pedagang di lingkungan sekolah. Jika kamu kangen untuk menyantap leker ini, tidak usah khawatir. Kini bisa membuatnya dengan cara mudah di rumah. Pembuatannya pun, bisa menggunakan teflon, bukan lagi wajan.

Berikut ini bahan untuk membuat leker :

- 4 sdm tepung beras

- 2 sdm gula halus

- 2 sdm tepung maizena

- 1 sdm tepung segitiga

- 1 butir telur

- 1 sdm susu bubuk

- 1/2 sdt vanili

- garam secukupnya

- 75 ml air

Untuk topping isiannya anda bisa menggunaka meses dan keju di parut. Jika bahan-bahan sudah disiapkan semua, mari kita membuatnya. Awal pembuatannya adalah campurkan semua bahan, menjadi satu. Lalu, aduk adonan tersebut hingga rata tidak boleh ada yang menggumpal. 

Panaskan teflon sampai benar-benar panas. jika sudah panas, tuangkan adonan menggunakan sendok sayur kecil. Ratakan adonan menggunakan cara diangkat teflon lalu digoyangkan ke kanan dan ke kiri, hingga semua tertutup rapih. 

LekerLeker. (Foto :Tagar/resepmakananku)

Beri topping sebagai isiannya, tunggu sebentar hingga adonan berubah menjadi kecoklatan. Kemudian, lipat leker menjadi setengah lingkaran. ulangin cara pembuatannya, hingga semua adonan habis. Jika sudah, leker siap disajikan. []

(Risma Dewi Indriani)

Berita terkait
Resep Roti Goreng Cukup Empat Bahan
Bosan sarapan dengan roti tawar, ingin mengkreasikan roti tawar? Buat roti goreng aja, yuk.
Mencicipi Lumpia Basah Legendaris Khas Bogor Sejak 1972
Salah satu santapan nikmat khas Bogor adalah Lumpia Basah Gang Aut milik Pak Alen, berikut ulasannya.
Resep Kimchi, Makanan Tradisional Korea
Biasanya kimchi dinikmati berbarengan dengan soup atau ramen, seperti yang sering terlihat dalam adegan di drama Korea.
0
Jalan Tol Serpong-Cinere Bayar Rp 11.000 Mulai 2 Juni
Jalan Tol Serpong-Cinere, ruas Seksi I Serpong-Pamulang mulai dikenakan tarif sebesar Rp11.000 untuk golongan 1 mulai Rabu, 2 Juni 2021.