UNTUK INDONESIA

Resep Red Velvet Cake, Tekstur Lembut

Red velvet cake merupakan salah satu kue bertekstur lembut yang diminati banyak orang, berikut cara membuatnya.
Red velvet cake. (Foto: Tagar/resephariini)

Jakarta - Red velvet cake merupakan salah satu jenis kue yang diminati banyak orang. Kue ini mempunyai tekstur yang sangat lembut, hingga banyak yang menjadikannnya makanan penutup atau sekedar camilan. Red velvet sudah mulai populer di Indonesia sejak tahun 2015. Banyak yang menjual kue jenis ini. Seperti di cafe-cafe, dan toko-toko kue.

Red velvet cake booming mulai dari film "A Steel Magnoliasa", yaitu adegan seorang pengantin pria dimana membawa kue red velvet untuk pengantin wanitanya. Sejak itu, red velvet caeke dikenal sebagai kue romantis.

Red velvet cakeRed velvet cake. (Foto: Tagar/Cookpad)

Bagaimana menarik bukan? Jika Anda ingin memakan kue red velvet ini, tapi tidak cukup uang untuk membelinya. Tak usah khawatir, Anda bisa membuatnya dengan cara dikukus dan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemui. Berikut resep yang bisa Anda coba sendiri di rumah.

Bahan-bahan yang digunakan

- 100 gram gula pasir

- 3 butir telur ayam

- 1 sdt emulfisier

- 1 sdm tepung maizena

- 1 sdm coklat bubuk

- 1 sdm susu bubuk putih

- 100 gram tepung terigu

- 1/2 sdt vanili

- 1/4 sdt garam

- 1 sdt pewarna merah

- 1 sdt air lemon

- 50 gram minyak goreng

Untuk bahan krimnya hanya membutuhkan butter cream dan cream cheese secukupnya.

Jika bahan-bahan sudah berhasil disediakan. Anda bisa masuk ke dalam pembuatannya. Cara pembuatannya diawali dengan, campurkan 3 butir telur, 100 gram gula pasir, dan 1 sdt emulfisier. Kocok dengan mixer sampai mengembang, putih, dan berjejak.

Lalu, campurkan 100 gram tepung terigu, 1 sdm tepung maizena, 1 sdm susu bubuk putih, 1 sdm coklat bubuk, 1/2 sdt vanili, dan 1/4 sdt garam diayak. lalu disisihkan. Jika sudah disisihkan masukkan bahan dikit demi sedikit ke bahan yang sudah di kocok tadi. 

Kemudian, kocok semua bahan tersebut dengan mixer kecepatan paling rendah. Masukkan 1 sdt pewarna merah, 1 sdt air jeruk lemon, dan 50 gram minyak goreng. kocok dan aduk sampai rata.

Setelah itu, bagi adonan menjadi tiga bagian. Siapkan loyang yang sudah dioleskan dengan minyak. tuang adonan pertama. Kukus selama 10 menit dengan api sedang. Jika sudah matang, angkat lalu dinginkan. Kukus adonan kedua dan ketiga dengan langkah yang sama.

Oleskan permukaan kue dengan krim. satu persatu bagian kue. Tumpuk dengan kue lagi, oleskan lagi dengan krim lagi. lapisi permukaannya dengan krim sampai rata. Red velvet cake pun siap disajikan.

Red velvet bisa disimpan di dalam kulkas agar lebih nikmat saat disantap. Anda bisa menambahkan irisan buah stoberi diatas permukaan kue untuk mempercantik tampilannya. Selamat mencoba!

(Risma Dewi Indriani)

Berita terkait
Resep Kue Pancong, Berbeda dengan Kue Pukis
Kue pancong adalah makanan khas Betawi yang dapat dijadikan salah satu rekomendasi camilan enak dan lezat. Berikut cara membuatnya di rumah.
Resep Leker, jajanan legendaris
Leker salah satu jajanan legendaris di Indonesia yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda, berikut cara membuatnya.
Resep Roti Goreng Cukup Empat Bahan
Bosan sarapan dengan roti tawar, ingin mengkreasikan roti tawar? Buat roti goreng aja, yuk.
0
Imbas Pandemi Virus Corona Perayaan Natal di Betlehem Sepi
Perayaan Natal di Betlehem sepi karna pandemi virus corona (Covid-19) yang juga menyebabkan ekonomi kota itu terpuruk