Cara Membuat dan Resep Brownies Kukus Rumahan

Brownies merupakan salah satu makan favorit di masyarakat, rasanya yang nikmat dan pembuatannya yang mudah. Berikut cara dan resep brownies.
Ilustrasi - Kue brownies. (Foto: Tagar/Pixabay/MissSuki)

Jakarta – Brownies merupakan salah satu makan favorit di masyarakat, rasanya yang nikmat dan pembuatannya yang mudah menjadikan makanan ini mudah ditemui di pasaran. Umumnya terdapat dua varian brownis yang dikenal oleh masyarakat pertama brownies kukus lalu yang kedua brownies panggang.

Menemukan kue brownies sangatlah mudah karena brownies dijual mulai dari toko kecil seharga Rp 3.000 hingga toko kue terkenal yang menjual dengan harga ratusan ribu. Namun, selain membelinya di toko kalian juga bisa membuat kue brownies ini sendiri dirumah kalian.

Tidak ada bahan khusus dalam pembuatan kue brownies ini, semua bahan mudah ditemukan di pasaran. Berikut adalah bahan dan langkah yang dibutuhkan untuk membuat kue brownies kukus yang lembut di rumah.


Bahan-bahanya

  • 4 butir telur
  • 150gr gula pasir / 13 sdm
  • 80gr terigu / 8sdm
  • 25gr coklat bubuk / 2 sdm
  • 120gr margarin
  • 75gr Coklat batang
  • 1 saset SKM(susu kental manis) coklat
  • 1 sdt SP
  • 1 sdt baking powder
  • Vanili secukupnya


Cara Membuatnya

Setelah semua bahan disiapkan berikut adalah langkah-langkah pembuatan kue brownies kukus adalah sebagai berikut.

  1. Campurkan coklat batang dan margarin kedalam satu wadah kemudian lelehkan hingga semuanya mencair setelah coklat dan margarin mencair, diamkan hingga dingin.
  2. Sambil menunggu coklat dan margarin dingin, campur tepung terigu, coklat bubuk dan baking powder menjadi satu lalu disaring supaya tidak ada yang menggumpal.
  3. Siapkan wadah lainnya dan masukan 4 butir telur lalu tambahkan pengembang SP gula pasir dan vanilli secukupnya.  Setelah itu aduk semua bahan dengan mixer menggunakan kecepatan tinggi hingga semuanya menyatu dan mengembang.
  4. Jika sudah mengembang masukan campuran tepung dan coklat yang telah disiapkan sebelumnya hingga merata, mencampur kedua bahan ini jangan dilakukan terlalu lama supaya adonan tidak kempes.
  5. Campurkan lelehan coklat dan margarin ke adonan brownies dan aduk menggunakan spatula hingga semua tercampur rata.
  6. Ambil sebagian adonan dan campurkan dengan SKM, sebagain adonan ini digunakan untuk bagian tengah brownies.
  7. Siapkan loyang untuk mengkukus brownies dan lumuri dengan margarin serta tepung terigu supaya tidak lengket.
  8. Masukan sebagian adonan untuk bagian dasar lalu kukus selama 15 menit dengan panci yang sudah panas dan tutupnya dilapisi dengan kain.
  9. Setelah 15 menit masukan adonan yang telah dicampurkan dengan SKM kemudian kukus kembali selama 15 menit.
  10. Kemudian masukan sisa adonan untuk bagian atas kue brownies dan kukus selama 20-25 menit.
  11. Jika brownies sudah matang keluarkan dari loyang dan letakan pada piring. Brownies kukus sudah siap dinikmati

(Dimas Rafika)

Berita terkait
Resep Onion Ring With Honey Mustard Sauce Ala Tasyi Athasyia
Onion ring adalah cmilan dengan bahan dasar bawang bombay yang dibaluri dengan tepung dan digoreng hingga hasilkan crispy. Berikut caranya.
Muncul di Drama Squid Game, Ini Resep Bikin Dalgona Candy
Nampaknya kehadiran Dalgona masih belum benar-benar hilang, bahkan muncul di drama Squid Game. Berikut resep dan cara membuatnya.
Resep dan Cara Membuat Oncom Goreng Kari yang Gurih
Oncom adalah makanan asal Indonesia yang terutama populer di Jawa Barat. Berikut resep dan cara membuat oncom goreng nan gurih.
0
Cara Membuat dan Resep Brownies Kukus Rumahan
Brownies merupakan salah satu makan favorit di masyarakat, rasanya yang nikmat dan pembuatannya yang mudah. Berikut cara dan resep brownies.