Rekomendasi Jenis Yogurt Bagus untuk Diet

Produk olahan susu yogurt membantu Anda menjalani program diet karena kandungan di dalamnya rendah lemak dan hanya menggunakan susu 2 persen.
Yogurt. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta – Produk olahan susu yogurt yang terkenal akan kandungan probiotik di dalamnya baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, dan juga yogurt dapat menjadi salah satu makanan andalan Anda ketika diet. 

Yogurt merupakan makanan kaya nutrisi dengan berbagai manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Hal ini menjadikan yogurt populer dikonsumsi selama diet karena dinilai membantu turunkan berat badan.

Yogurt dibuat dengan mencampurkan susu matang dengan bakteri, terutama dari jenis Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. Campuran ini lalu dibiarkan dalam suhu 43 hingga 46 derajat celsius selama beberapa jam.

Tidak semua yogurt menyehatkan, ada beberapa yogurt yang biasanya sudah mengandung gula tambahan dan berkurang manfaat baiknya.

Berdasarkan sejumlah sumber Tagar merangkum jenis yogurt yang bagus untuk diet.


  • Non-fat yogurt

Non-fat yogurt atau yogurt rendah lemak umumnya hanya menggunakan susu sekitar 2 persen atau bisa sama sekali tanpa lemak karena terbuat dari susu skim.

Mengonsumsi non-fat yogurt secara rutin dapat membantu Anda mengontrol berat badan tetap ideal karena mengandung probiotik yang baik untuk sistem pencernaan tubuh.


  • Plain yogurt

Yogurt jenis ini umumnya mudah sekali ditemui di supermarket dan harganya cukup terjangkau. Plain yogurt sering dijadikan campuran minuman atau makanan.

Plain yogurt tidak memiliki rasa dan tanpa gula 0 persen, sehingga tidak akan memberi tambahan kalori bagi tubuh yang membuatnya cocok dikonsumsi selama diet.

Plain yogurt bisa kamu nikmati dengan campuran buah-buahan yang sudah dipotong-potong.


  • Greek yogurt

Greek yogurt lebih kental dan lembut dibanding yoghurt pada umumnya karena mengalami tiga kali proses penyaringan.

Kandungan dari greek yogurt ini kaya akan protein serta rendah karbohidrat yang memungkinkan untuk dikonsumsi selama diet.

Namun, kandungan kalsium pada greek yogurt ini lebih sedikit. Meski begitu greek yogurt memiliki beberapa variasi di antaranya jenis full fat hingga low fat yang dapat disesuaikan.

Meskipun manfaat yogurt yang bagus untuk diet seperti di atas itu menjanjikan dalam membantu menurunkan berat badan, Anda tetap harus selektif memilihnya dan tidak asal-asalan.


  • Non-dairy yogurt

Non-dairy yogurt atau yogurt non susu cukup populer dan banyak direkomendasikan sebagai yogurt yang bagus untuk diet karena rendah lemak dan tidak mengandung laktosa.

Yogurt jenis ini merupakan yogurt tanpa campuran susu yang berbahan dasar dari kedelai atau kelapa.

Nah, inilah jenis yogurt yang direkomendasikan untuk Anda yang sedang menjalani program diet. []

Berita terkait
9 Manfaat Masker Yogurt untuk Kecantikan Kulit Wajah
Berikut Tagar rangkumkan 9 manfaat masker yogurt untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah.
Resep Yogurt Mangga Lezat untuk Buka Puasa
Yogurt tak hanya bisa disantap langsung. Tetapi, bisa dikreasikan menjadi beragam sajian lezat dan sehat untuk buka puasa.
Ingin Diet Karbo? Cobalah 10 Makanan Pengganti Nasi Ini
Berikut 10 makanan pengganti nasi untuk kamu yang ingin menjalani diet karbo.
0
Menperin: Industri Kosmetik dan Produk Wellness Perlu Beradaptasi
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan,Untuk terus bertahan, industri kosmetik dan produk wellness perlu terus beradaptasi.