UNTUK INDONESIA

9 Manfaat Masker Yogurt untuk Kecantikan Kulit Wajah

Berikut Tagar rangkumkan 9 manfaat masker yogurt untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah.
Ilustrasi Krim Yogurt. (Foto: Freepik)

Jakarta - Yogurt tanpa rasa alias plain yogurt cukup terkenal karena nutrisinya dalam hal kesehatan pencernaan. Di saat yang sama, yogurt juga bisa menjadi bagian dari rutinitas perawatan kulit karena manfaatnya yang bagus.

Mengutip informasi dari laman healthline, terdapat sejumlah manfaat masker berbahan yogurt untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah.

Berikut Tagar rangkumkan 9 manfaat masker yogurt untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah:

Kulit WajahKenali jenis kulit Anda. (Foto: Tagar/Unsplash)

1. Menambah Kelembapan

Tekstur krim yoghurt dianggap membantu mengunci kelembapan di kulit. Studi in-vitro dan in-vivo pada 2011 juga mendukung efek masker yogurt tersebut.

2. Mencerahkan Kulit

Penelitian yang sama dari 2011 juga menunjukkan bahwa masker yogurt berpotensi dapat mencerahkan kulit.

3. Meratakan Warna Kulit

Menurut penelitian pada 2015 silam, dikatakan bahwa yogurt dapat membantu meratakan warna kulit dengan bantuan probiotik alaminya.

Ini akan membantu kamu yang memiliki noda hitam bekas jerawat, bintik-bintik penuaan atau akibat sinar matahari, atau pun warna kulit yang tidak rata.

4. Melindungi dari Sinar UV

Penelitian lain yang juga dilakukan pada tahun 2015 mengatakan bahwa yogurt dapat membantu meminimalkan efek sinar ultraviolet (UV) dari matahari.

Yogurt dianggap dapat membantu menciptakan penghalang radikal bebas pada kulit, yang bisa mengurangi risiko bintik-bintik penuaan dan kerutan akibat sinar matahari.

5. Meningkatkan Elastisitas

Sumber terpercaya penelitian 2011 juga menunjukkan bahwa yogurt dapat meningkatkan elastisitas pada kulit. Seiring bertambahnya usia, kulit secara alami kehilangan kolagen.

Masker wajah dari yogurt dapat membantu memulihkan elastisitas sekaligus memperbaiki penampilan kulit secara keseluruhan.

6. Mengurangi Garis Halus dan Kerutan

Menurut penelitian di tahun 2015, probiotik yang terkandung dalam yogurt dapat membantu melindungi wajah dari tanda-tanda penuaan seperti munculnya garis-garis halus yang menonjol.

JerawatIlustrasi Bopeng Bekas Jerawat. (Foto: Freepik/bilahata)

7. Melawan Jerawat

Probiotik juga dianggap membantu melawan bakteri P. acnes, penyebab utama peradangan jerawat. Menurut penelitian yang sama dari tahun 2015, probiotik mengurangi peradangan secara keseluruhan, yang dapat meredakan jerawat dan membantu mencegah munculnya jerawat di masa mendatang.

8. Mengobati Inflamasi Kulit

Efek anti-inflamasi yang sama yang ditemukan pada probiotik dianggap membantu mengobati kondisi kulit inflamasi lainnya. Ini termasuk rosacea, psoriasis, dan eksim.

9. Mengobati Infeksi Kulit

Yogurt juga diklaim memiliki sifat mikroba yang dapat mengobati infeksi kulit. Namun, masker yogurt tidak boleh digunakan pada kulit yang terinfeksi atau rusak tanpa persetujuan dokter terlebih dahulu.

Setelah mengetahui manfaatnya, mungkin kamu ingin langsung mencobanya di rumah. Jika kamu ingin mencoba masker wajah dari bahan yogurt, penting untuk memahami risiko yang mungkin terjadi serta bahan lain yang bisa dicampurkan.

Beberapa bahan yang bisa dicampur dengan yogurt antara lain madu untuk kulit kering dan iritasi. Selanjutnya ada kunyit untuk psoriasis atau jerawat (karena efek anti-inflamasinya).

Terakhir ada lidah buaya untuk melembabkan dan menenangkan kulit dari masalah seperti iritasi, jerawat, psoriasis, kulit berminyak, dan luka bakar. Namun, akan lebih baik untuk konsultasikan pada dokter kulit jika ingin mencoba menggunakan masker yogurt.

Khususnya bagi orang-orang yang memiliki masalah di kulit. Jika kamu memiliki alergi terhadap susu, penting untuk menghindari yogurt tradisional dan memilih susu kambing atau susu formula nabati sebagai gantinya. []

(Okky Pratiwi)

Berita terkait
7 Tips Mencegah dan Mengatasi Milia Pada Wajah
Berikut Tagar rangkumkan sejumlah tips untuk bantu mempercepat proses penyembuhan dan mencegah milia.
Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wajah
Berikut Tagar rangkumkan lima 5 manfaat buah naga untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah.
Penyebab Munculnya Jerawat di Setiap Bagian Wajah
Berikut Tagar rangkumkan sejumlah informasi mengenai penyebab munculnya jerawat serta tips menguranginya.
0
9 Manfaat Masker Yogurt untuk Kecantikan Kulit Wajah
Berikut Tagar rangkumkan 9 manfaat masker yogurt untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah.