UNTUK INDONESIA
Ratusan Penerima Bantuan PKH Abdya Aceh Mundur
821 penerima bantuan dari Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh mundur dengan sukarela.
Dinas Sosial Aceh Timur memasang stiker ‘Keluarga Tidak Mampu’ di rumah warga penerima bantuan sosial program keluarga harapan (PKH). (Foto: Tagar/Dok Dinsos Aceh)

Aceh Barat Daya - Sebanyak 821 penerima bantuan dari Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh, mundur dari penerima manfaat.

Koordinator PKH, Indra Pratama, membenarkan bahwa banyak warga kabupaten itu telah mundur dari penerima. Pihaknya mencatat, jika awal tahun 2019 jumlah penerima PKH berjumlah 8.835 jiwa. Kemudian pada bulan Januari 2020 berkurang berjumlah 8.013 jiwa.

"Dan bertambah yang mundur hari ini 4 orang, tercatat 821 orang telah mundur sebagai penerima PKH," kata Indra, di Aceh, Sabtu, 25 Januari 2020.

Yang pasti mereka mundur atas dasar kesadaran mereka masing-masing. penempelan stiker juga dapat mengurangi angka penerima PKH di Abdya.

Menurutnya, ada beberapa faktor yang menyebabkan penerima PKH mundur dengan sendirinya, Pertama, karena graduasi mandiri, ada yang araduasi sejahtera dan tidak komitmen terhadap pelaksanaan PKH seperti tidak hadir dilayanan pendidikan dan kesehatan, juga tidak hadir dalam rapat pertemuan kelompok, serta habis komponen atau tidak memiliki kriteria PKH.

"Yang pasti mereka mundur atas dasar kesadaran mereka masing-masing. Tentunya dengan penempelan stiker yang kita laksanakan beberapa waktu lalu juga dapat mengurangi angka penerima PKH di Abdya," ujarnya.

Dia meminta kepada masyarakat Abdya agar ikut melakukan pemantauan terhadap penempelan stiker PKH tersebut. Jika ada warga yang tidak layak menerima bantuan, maka segera untuk melaporkan langsung kepada pendamping PKH dan Dinas Sosial agar supaya dilakukan pengecekan ulang.

"Peran serta masyarakat sangat kami perlukan dalam penempelan stiker ini. Mudah-mudahan masyarakat Abdya yang merasa tidak layak menerima bantuan itu dengan sukarela mengajukan pengunduran diri," ujarnya.[]

Baca Juga: 

Berita terkait
Tiba di Aceh, Bek Adam Mitter Segera Diperkenalkan
Bek asing Persiraja Banda Aceh, Adam Mitter sudah tiba di Indonesia. Dirinya pun segera diperkenalkan kepada publik.
Belasan Mahasiswa Aceh di Cina Terjebak Virus Corona
Mahasiswa Aceh yang masih bertahan di Cina sebanyak 23 orang saat ini diisolasi di asrama mencegah penyebaran Virus Corona.
Abdya Aceh Bakal Punya Jembatan Terpanjang Tahun Ini
Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh, bakal memiliki jembatan sepanjang 200 meter dan bakal menjadi jembatan terpanjang di Abdya, Aceh.
0
Film Akad Diadaptasi dari Lagu Populer Payung Teduh
Lagu Akad dari Payung Teduh yang sempat populer beberapa tahun alu, bakal diadaptasi menjadi sebuah film layar lebar berjudul sama.