UNTUK INDONESIA
Pulau Banyak Aceh Singkil Akan Dibangun Taman Wisata
Pulau Banyak Aceh Singkil, Aceh akan segera dibangun objek taman wiata.
Ribuan burung camar yang berada di Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil. (Ist/Fzi)

Singkil - Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil, Aceh bersama Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh sepakat bekerjasama membangun pariwisata di kawasan Taman Wisata Alam (TWA) di Kepulauan Banyak.

Kesepakatan bersama untuk pengelolaan lahan kawasan pariwisata penguatan fungsi TWA itu, ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Kepala Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Provinsi Aceh Agus Arianto dan Bupati Aceh Singkil Dulmusrid.

"Kesepakatan Pemkab Aceh Singkil dengan BKSDA Aceh bertujuan untuk melakukan pengembangan wisata alam, pengawetan flora dan fauna serta pemberdayaan masyarakat", kata Kepala BKSDA Aceh, Agus Arianto kepada Tagar, Rabu 11 Desember 2019.

Dikatakannya, penandatanganan perjanjian kerjasama itu sesuai pasal 4 dalam rencana pelaksanaan program kegiatan, Pemkab Aceh Singkil harus menindak lanjuti penyusunan Rencana Pelaksanaan Program (RPP) dan kemudian dijabarkan dalam Rencana Kerja Tahunan (RKT), diatas limit 3 bulan kedepan pasca penanda tanganan kesepakatan bersama itu.

Bertujuan untuk melakukan pengembangan wisata alam, pengawetan flora dan fauna.

"Semoga dengan fungsi penguatan kawasan TWA ini, melalui pengembangan wisata alam, pengawetan flora fauna dan meningkatkan pemberdayaan masyarakat Aceh Singkil," katanya.

Sementara Bupati Aceh Singkil Dulmusrid, dalam kesempatan itu mengatakan, upaya kerjasa pengelolaan TWA sebagai destinasi wisata daerah salah satu upaya percepatan pembangunan dan pengembangan potensi Aceh Singkil.

Upaya kerjasama ini dilakukan melalui proses panjang melalui syarat dan tahapan penyelesaian yang telah disetujui guna mengejar target pendapatan dari potensi wilayah Kepulauan melalui sektor pariwisata.

Begitupun katanya, pengelolaannya tidak menyampingkan fungsi utama TWA dan tetap menjaga ekosistem alam laut di TWA tersebut.

"Potensi alam Aceh Singkil cukup besar dan harus menjadi perhatian kita untuk dikembangkan," ujarnya.

Termasuk kawasan Suaka Marga Satwa Rawa Singkil Lae Trub, Danau Bungara, Pantai Cemara Gosong, yang tersebar di sejumlah Kecamatan di Aceh Singkil harus dikembangkan.

Dia menyebutkan, perjanjian kerjasama dilakukan untuk mendukung IKK (Indikator Kinerja Kunci) unit pengelola, berdasarkan surat persetujuan Dirjen nomor.S.747/KSDAE/PIKA/KSA.0/10/2019, tanggal 21 Oktober 2019 perihal Surat permohonan persetujuan PKS penguatan fungsi antara Kepala BKSDA Aceh dengan Bupati Aceh Singkil.

Areal kegiatan tersebut berada di kawasan TWA Kepulauan Banyak Kabupaten Aceh Singkil, Aceh yang berada dibawah seksi konservasi wilayah II, diatas areal seluas 155,23 ha yang berada di blok pemanfaatan berdasarkan pasal 2 ayat (3), yakni pengawetan flora dan fauna berupa pembinaan, pemeliharaan dan pengawasan habitat tumbuhan dan hewan laut.

Areal kegiatan sesuai pasal 2 ayat (1) dan ayat (2)seluas 12.763,26 ha, yakni ayat (1) pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan kapasitas masyarakat. Dan ayat (2) pengembangan wisata alam melalui peningkatan kuantitas dan kualitas destinasi wisata serta diversifikasi atraksi wisata alam.[]

Baca juga: 

Berita terkait
Alasan Ombudsman Kritik Pemprov Aceh Beli 4 Pesawat
Pemerintah Aceh berencana akan membali pesawat terbang N219 untuk meningkatkan konektivitas antar wilayah di provinsi itu.
Jejak Belanda di Serambi Mekkah di Atas 2.200 Makam
Nur Habibah tampak tersenyum. Tangan kanannya memegang sapu lidi ia berjalan di sela-sela perkuburan Kerkhof Petjut Kota Banda Aceh, Aceh.
Kisah Nurfadhilah, Warga Aceh Lumpuh Bertahun-tahun
Perempuan berusia 30 tahun itu sedang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah dr Zainal Abidin (RSUDZA) Banda Aceh, Aceh karena mengalami lumpuh.
0
Uji Coba Fitur Stories, Tagar #RIPTwitter Bergema
Twitter tengah melakukan uji coba fitur stories yang dinamai Fleets di Brazil. Fitur ini mendapat kritikan dari penggunanya.