UNTUK INDONESIA
PSM Makassar Batalkan Rencana Latihan Usai Liburan
PSM Makassar membatalkan latihan perdana usai liburan pada Rabu, 1 April 2020. Pelatih Bojan Hodak batalkan latihan karena pandemi virus corona.
PSM Makassar membatalkan latihan perdana usai liburan pada Rabu, 1 April 2020 karena pandemi virus corona. Tampak pelatih Bojan Hodak memberi instruksi kepada pemain di sebuah latihan. (Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya)

Makassar - PSM Makassar membatalkan latihan perdana yang seharusnya dimulai pada Rabu, 1 April 2020, besok. Kondisi penyebaran virus corona yang terus mengalami peningkatan di Kota Makassar membuat pelatih Bojan Hodak membatalkan latihan perdana.

PSM Makassar sesungguhnya meliburkan seluruh pemain selama masa penundaan kompetisi Shopee Liga 1 dan Liga 2. Penundaan ini terkait langkah pencegahan penyebaran Covid-19. Tim diliburkan usai melawan Barito Putera sampai 31 Maret 2020.

Namun dengan situasi yang belum kondusif terkait penanganan Covid-19 pelatih Hodak membatalkan latihan perdana pada 1 April 2020 besok. Apalagi pemerintah juga sudah memberi imbauan agar warga tidak berkumpul. Mereka diharapkan menerapkan social distancing dengan tetap tinggal di rumah.  

Latihan mandiri dan pengontrolan pemain tidak dilakukan secara online. Meski demikian mereka tetap dikontrol secara ketat oleh tim dokter, nutrisi dan lain-lain

Media Officer PSM Sulaeman Karim memastikan bila latihan perdana tim dibatalkan. Menurut dia tim memang seharusnya dijadwalkan menjalani latihan perdana pada Rabu besok. 

"Latihan perdana usai liburan dibatalkan. Pemain dan ofisial diminta menunggu instruksi selanjutnya," kata Sulaiman kepada Tagar di Makassar, Senin, 30 Maret 2020.

Meski latihan bersama dibatalkan, tetapi semua pemain tetap harus melakukan latihan mandiri di rumah. Mereka menjalani latihan sesuai dengan materi workout yang dikirimkan tim kepelatihan. Pemain juga dikontrol secara ketat oleh tim dokter.

"Latihan mandiri dan pengontrolan pemain tidak dilakukan secara online. Meski demikian mereka tetap dikontrol secara ketat oleh tim dokter, nutrisi dan lain-lain. Lagipula ada materi workout yang dikirim ke pemain," ujar Sule, sapaannya.

Dengan situasi tanggap darurat pandemi Covid-19, PSSI sebagai induk sepak bola nasional menunda kompetisi baik Liga 1 maupun Liga 2 hingga 31 Mei 2020. Bila situasi belum membaik dan pandemi tak menunjukkan penurunan, kompetisi bisa ditiadakan dalam keadaan force majeure. []

Berita terkait
Liga 1 Dihentikan, PSM Tunggu Surat Resmi PT LIB
Manajemen PSM Makassar masih menunggu surat resmi dari PT Liga Indonesia Baru terkait dihentikannya kompetisi Shopee Liga 1 2020.
PSM Tambah Waktu Libur Pemain Hingga 25 Maret
PSM Makassar menambah waktu libur bagi pemainnya hingga 25 Maret 2020. Hal tersebut diambil karena merebaknya virus corona di Indonesia
Striker PSM Makassar Bantu Barito Putera Raih Poin
Striker PSM Makassar Ferdinand Sinaga dan Giancarlo Rodrigues membantu Barito Putera raih poin setelah gagal memanfaatkan peluang di menit akhir.
0
Relaksasi Kredit, Bank di Daerah Masih Saja Menagih
Presiden Jokowi membuat kebijakan relaksasi kredit saat pandemi Covid-19, praktiknya petugas bank milik negara masih ada yang menagih bunga kredit.