UNTUK INDONESIA
Liga 1 Dihentikan, PSM Tunggu Surat Resmi PT LIB
Manajemen PSM Makassar masih menunggu surat resmi dari PT Liga Indonesia Baru terkait dihentikannya kompetisi Shopee Liga 1 2020.
Manajemen PSM Makassar masih menunggu surat resmi dari PT Liga Indonesia Baru terkait dihentikannya kompetisi Shopee Liga 1 2020 karena Covid-19. Dihentikannya liga dijadikan Ferdinand Sinaga (kanan) dkk menjalani latihan di rumah. (Foto: Antara/Aditya Pradana Putra)

Makassar - Manajemen PSM Makassar masih menunggu surat resmi dari PT Liga Indonesia Baru terkait dihentikannya kompetisi baik Shopee Liga 1 maupun Liga 2 2020 hingga batas waktu yang belum ditentukan. Dihentikannya kompetisi tidak terlepas dari penyebaran virus corona di Indonesia.

Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) sebelumnya telah menghentikan sementara kompetisi hingga 2 minggu ke depan. Ini sebagai langkah pencegahan dari penyebaran Covid-19. Saat itu, Liga 1 sudah menyelesaikan 3 pertandingan. Sedangkan kompetisi Liga 2 baru mulai digulirkan.  

Dengan perkembangan situasi yang terjadi saat ini, PSSI menghapus batas waktu penghentian kompetisi selama dua minggu tersebut. Kompetisi pun dihentikan untuk sementara hingga batas waktu belum dapat ditentukan.

Instruksi pelatih tidak berubah. Pemain harus menjaga kondisi dan tetap berlatih

Media Officer PSM, Sulaeman Karim memastikan bila Liga 1 dihentikan untuk sementara hingga batas belum ditentukan. Namun pihaknya masih menunggu surat resmi dari pihak PT LIB sebagai operator kompetisi sepak bola di Indonesia.

"Kami masih menunggu pemberitahuan secara resmi. Meski demikian dari PT LIB memang sudah membenarkan soal perpanjangan waktu penundaan liga sampai waktu yg belum ditentukan," kata Sulaeman di Makassar, Senin, 23 Maret 2020. 

Meski penundaan kompetisi diperpanjang hingga batas waktu yang tidak ditentukan, pelatih PSM Bojan Hodak tetap menginstruksikan seluruh pemain tetap melakukan latihan kecil di rumah. Pemain ditekankan menjaga kondisi tubuh agar tidak terpapar virus corona.

"Instruksi pelatih tidak berubah. Pemain harus menjaga kondisi dan tetap berlatih. Mereka harus menghindari peluang terjangkit corona," ujar Sule, sapaannya. 

"Tim pelatih juga sudah kirim materi workout untuk masing-masing pemain. Workout merupakan aktivitas kebugaran tubuh," kata dia lagi.

Terkait gaji Ferdinand Sinaga dkk selama perpanjangan penghentian kompetisi ini, Sule menyatakan belum ada pembahasan dari pihak manajemen. Menurutnya belum ada kepastian terkait gaji pemain apakah dipotong atau tidak.

"Kalau potongan gaji belum dibahas manajemen. Jadi belum ada kepastian untuk soal itu," kata dia memungkasi.

Sebelumnya, Ketua PSSI Mochamad Iriawan telah memberikan arahan langsung ke PT LIB yang tertulis dalam surat PSSI dengan nomor 1038/UDN/606/III-2020. Dalam surat itumenjelaskan PSSI resmi menghentikan kompetisi Shopee Liga 1 maupun Liga 2 hingga waktu yang tidak ditentukan.

Berita terkait
Jadwal Ulang Liga, LIB Minta Masukan Klub
PT Liga Indonesia Baru (LIB) bakal menyusun ulang jadwal kompetisi Shopee Liga 1 dan Liga 2 2020 setelah dihentikannya kompetisi oleh PSSI.
Resmi, PSSI Hentikan Sementara Liga 1 dan 2
Ketua Umum PSSI Mochammad Iriawan secara resmi menghentikan sementara kompetisi Shopee Liga 1 dan 2 2020 sampai batas waktu yang tidak ditentukan.
PSSI Resmi Hentikan Liga 1 dan 2 Imbas Corona
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan resmi menghentikan sementara kompetisi Liga 1 dan Liga 2 sebagai imbas Covid-19, pada Sabtu.
0
KUR Kena Corona, Tenang Jokowi Beri Subsidi Bunga 6%
Jokowi melalui Kementerian Koordinator bidang Perekonomian menyiapkan sejumlah program untuk mempertahankan perekonomian nasional di tengah corona.