Program Unggulan Gembong Primadjaya untuk Ikatan Alumni ITB

Gembong Primadjaya sampaikan program-programnya sebagai Calon Ketua Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung 2021-2025.
Program Calon Ketua Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA ITB) 2021-2025, Gembong Primadjaya. (Foto:Tagar/Ist)

Jakarta - Calon Ketua Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA ITB) 2021-2025, Gembong Primadjaya menyebutkan, dirinya akan membangun 3 platform digital untuk lebih memperluas keterlibatan para alumni ITB yang tersebar di seluruh penjuru dunia.

“Saya akan membangun 3 platform digital, karena kita menghadapi kondisi pandemi ini tentunya kita harus merubah cara berkomunikasi kita, cara berinteraksi kita dengan teknologi. Karena kita tidak tahu kapan kondisi covid ini akan berlangsung,” pungkasnya.

1. Connecting the dots

Apa itu connecting the dots? Connecting the dots adalah upgrade dari data yang sudah kita miliki, kita tambahkan dengan portfolio dari alumni kemudian juga minat dan bidang-bidang yang digeluti.

Melalui platform ini, alumni-alumni bisa bertemu dan berinteraksi satu sama lain untuk bisa bersama-sama melakukan atau mengkreasikan atau berkegiatan pada bidang yang diminati bersama. Sehingga nantinya, lintas angkatan di jurusan bisa berkumpul pada minat yang sama atau tujuan yang sama.

“Kenapa akun digital ini penting? Karena itu sebenarnya (total alumni) 130 ribu orang, sementara kegiatan yang paling besar yang diikuti di IA (Ikatan Alumni) itu paling 3 ribu – 4 ribu orang. Itupun panitia sudah bekerja sangat luar biasa, begadang siang malam untuk menyiapkan makannya, sarana ibadahnya, parkirnya dan lain sebagainya,” tegas Gembong.

Saya akan membangun 3 platform digital, karena kita menghadapi kondisi pandemi ini tentunya kita harus merubah cara berkomunikasi kita, cara berinteraksi kita dengan teknologi. Karena kita tidak tahu kapan kondisi covid ini akan berlangsung.

“Artinya tidak sampai 3%-4% dari alumni bisa terlibat dalam kegiatan - kegiatan IA, sehingga mereka bertanya IA ini ngapain aja? Padahal kegiatan itu ada dan dilakukan secara rutin,” sambungnya.

Melalui platform ini, Gembong berharap semua alumni bisa masuk dan melakukan kegiatan serta akan menciptakan opportunity.

“Artinya misalkan saya punya bisnis supplier sesuatu, ada orang yang mencari, suplai itu bisa didapatkan dari saya. Atau membutuhkan seorang ahli dibidang tertentu, melalui platform ini kita bisa menemukan orang itu, kemudian bisa bekerja sama,” terangnya.

2. Indonesianisme

Program kedua ini merupakan kegiatan yang digagasnya bersama teman-teman angkatan 90-nya saat masih menjadi Ketua Umum Ikatan Alumni Mesin ITB. Kegiatan ini adalah kegiatan yang bertujuan untuk memanggungkan produk-produk research dan inovasi termasuk karya-karya seni ITB untuk bisa dikenal dari teman-teman lain di industri maupun user.

Terdapat 3 kegiatan utama dalam program ini yakni exhibition, seminar yang membahas produk-produk yang sudah layak untuk masuk ke industri atau digunakan secara massal untuk digunakan oleh masyarakat.

Gembong PrimadjayaCalon Ketua Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA ITB) 2021-2025, Gembong Primadjaya. (Foto:Tagar/Ist)

Selain itu, Forum Group Discussion juga akan dilaksanakan untuk membahas langkah-langkah agar produk yang masih belum dapat ditampilkan atau diproduksi masal bisa digunakan oleh masyarakat luas.

“Jadi ini adalah program yang saya usung dari tahun 2014 dan kemudian dari mesin saya bawa ke Ikatan Alumni ITB dan syukur Alhamdulillah ya di dukung penuh oleh Bang Ridwan Jamaluddin untuk dibesarkan skalanya menjadi skala nasional.” Katanya.

3. Alumni Finance Alumni

Gempong mengemukakan, di masa pandemi ini memang banyak teman-teman alumni ITB yang kesulitan untuk bertahan hidup, bekerja atau melakukan usahanya. Karena memang peluang bisnis dan lapangan kerja berkurang. Sementara akses ke pendanaan, semakin sulit lantaran “trust” pada saat pandemi ada sesuatu hal yang mudah didapat, mengingat sektor bisnis lebih banyak menunggu kepastian kapan pandemi ini akan berakhir.

“Nah, melalui platform digital ini, alumni-alumni senior akan bisa bantu alumni juniornya dalam kerjasama yang pendanaan coaching dan bimbingan kepada yang muda atau mungkin juga angkatan yang sudah seusia saya misalnya ketika pensiun berharap bisa mengawali usaha UMKM, itu juga bisa dibantu. Jadi, keterlibatan kita tingkatkan, keterlibatan alumni kita tingkatkan dan juga keaktifan alumni ini juga kita tingkatkan,” tandas Gembong.

Meski demikian, kegiatan-kegiatan lain seperti olahraga, seni, musik, halal-bihalal lebaran, buka puasa bersama, Natal, akan tetap dilaksanakan. Sedangkan 3 platform digital ini, akan membantu agar keterlibatan alumni semakin luas.

“Di dalam program ini, kita ada menempatkan kembali program beasiswa. Itu menjadi ujung tombak dari kepedulian alumni terhadap almamater yang ada termasuk juga mahasiswa-mahasiswa yang sedang belajar di kampus. Begitu juga di sini, ada beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) aksesnya pun akan kita minta. Supaya teman-teman alumni yang baru lulus bisa melanjutkan studi S2 atau S3 di luar negeri atau di dalam negeri,” terangnya. []

Berita terkait
Gembong Primadjaya Calon Ketua IA ITB Sumbang Pompa Hidran untuk Warga Mekarmukti
Gembong Primadjaya calon Ketua IA ITB menyumbang pompa hidran untuk warga Desa Mekarmukti, Sumedang, Jawa Barat, untuk mudah mendapat air bersih.
Gembong Primadjaya Siapkan 3 Platform Digital untuk Satukan Alumni ITB
Calon Ketua Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung 2021-2025, Gembong Primadjaya menyiapkan 3 platform digital untuk satukan alumni ITB.
Gembong Primadjaya, Refleksi Ulang Tahun Ikatan Alumni ITB
Gembong Primadjaya calon ketua umum Ikatan Alumni ITB periode 2021-2025 menerima banyak masukan saat memperingati ulang tahun ke-52 IA ITB.
0
Simak 5 Aplikasi dan Situs Simulasi Tes CPNS
Terdapat lima aplikasi dan situs simulai tes CPNS 2021 yang sudah disiapkan untuk mengisi kota sebanyak 105.777 dari 189.102 formasi ASN yang ada.