Jakarta - Mantan penyanyi cilik berusia 25 tahun, Tina Toon, dikabarkan bakal bertengger di DPRD DKI Jakarta periode 2019-2024. Hasil rekapitulasi KPU DKI Jakarta menyebutkan caleg PDI Perjuangan itu lolos dari dapil 2 Jakarta Utara.

Dalam suatu kesempatan, Tina Toon tak melakukan selebrasi berlebihan ketika ditanya pendapatnya memperoleh jatah kursi di dapilnya yang meliputi Kecamatan Kepulauan Seribu Utara dan Selatan, Koja, Cilincing, dan Kelapa Gading. Dia mengatakan, jika dirinya berkantor di DPRD DKI akan bekerja dengan amanah.

"Mudah-mudahan, ke depan amanah, membawa sesuatu yang baik untuk konstituen di dapilku dan warga Jakarta secara keseluruhan sebagai legislator dan wakil rakyat," ujar Tina Toon kepada awak media pada Senin 13 Mei 2019.

Tina ToonAgustina Hermanto dengan nama populer Tina Toon. (Foto: Instagram/Tina Toon)

Perempuan kelahiran 20 Agustus 1993 ini terbilang baru dalam panggung politik. Namun di dunia tarik suara, nama Tina Toon melejit lewat lagu anak-anak yang dipopulerkanya berjudul Bolo-bolo pada awal 2000-an. Ia juga dikenal dengan goyangan kepalanya yang khas. 

Anak dari pasangan Aan Hermanto dan Megawati ini mengawali karirnya sebagai penyanyi dengan merekam sejumlah karya pada 1998. Namun, di tengah recording studio karyanya gagal dipublikasikan akibat kerusuhan 1998.

Peristiwa itu membuat Tina Toon masuk ke sanggar milik Papa T. Bob. Adalah Papa T. Bob sendiri yang memberi nama panggung pemilik nama asli Agustina Hermanto ini menjadi Tina Toon. Setelah diasuh Papa T Bob, perempuan yang masih lajang itu berturut-turut merilis album Bolo-Bolo (1999), Siram (2000), Goyang Tina Toon (2001), Arti Bolo-Bolo (2003), dan I Love Music (2008). 

Setelah dikenal sebagai penyanyi cilik, Tina Toon menjajal dunia layar lebar pada 2004. Awal karirnya menjadi bintang film dimulai saat membintangi film komedi berjudul Tina Toon dan Lenong Bocah The Movie. Sebagai artis cilik, dia mampu bersanding dengan aktris kawakan Ria Irawan, Ingrid Widjanarko, Vicky Burky, Alicia Johar, dan musisi Piyu Padi.

Selain itu, Tina Toon sempat mencoba seni teater ketika didaulat membintangi teater musikal bertajuk Bawang Merah dan Bawang Putih. Pertunjukan teater itu juga dimeriahkan Rachel Maryam dan Dian Sastrowardoyo.

Baca juga: