UNTUK INDONESIA

Profil Ali Ghufron Mukti, Direktur Utama BPJS Kesehatan

Ali Ghufron Mukti baru saja dilantik sebagai Dirut BPJS Kesehatan oleh Jokowi, berikut profilnya.
Ali Ghufron Mukti, Direktur Utama (Dirut) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. (Foto: Tagar/ANTARA/Widodo)

Jakarta - Ali Ghufron Mukti ialah Direktur Utama (Dirut) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang baru saja dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan pada Senin, 22 Februari 2021 untuk menggantikan Dirut BPJS Kesehatan sebelumnya yakni Fachmi Idris.

Ali Ghufron Mukti merupakan kelahiran Blitar, 17 Mei 1962 dan telah mempersunting Nurul Hidayanti Mukti sebagai pasangannya. Melalui pernikahannya itu Ali dikaruniai 2 orang anak yakni Ahmad Sugianto Mukti dan Andi Surya Mukti.

Pria berusia 58 tahun ini menyelesaikan pendidikan S1-nya di Fakultas Kedokteran, Universitas Gadjah Mada di tahun 1998. Lalu melanjutkan pendidikan masternya di Tropical Medicine, The Department of Tropical Hygiene, Mahidol University, Bangkok, Thailand.

Tidak berhenti di sana, Ali kemudian mendapatkan gelar Doktornya di Faculty of Medicine, University of Newcastle, Australia pada 2000 dan memperoleh Profesi Ahli Asuransi Kesehatan (AAK) dari Pamjaki pada 2002.

Presiden Joko Widodo - Ali Ghufron MuktiAli Ghufron Mukti Direktur Utama (Dirut) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang baru saja dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan pada Senin, 22 Februari 2021. (Foto: Tagar/Istimewa)

Sebelum didapuk sebagai Dirut BPJS Kesehatan, Ali pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Pendidikan Tinggi (SDID), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Ali bukanlah sosok baru di sektor kesehatan. Dirinya pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) periode 2011-2014. Saat itu dirinya pun sempat mengisi kekosongan jabatan Menteri Kesehatan (Menkes) karena Endang Rahayu Sedyaningsih yang menjabat saat itu meninggal dunia. Gufron kemudian sempat menjabat sebagai Menkes mulai 30 April – 14 Juni 2012.

Setelah itu, Presiden saat itu Susilo Bambang Yudhoyono pada 2012 kembali melantik Menkes berikutnya yaitu Nafsiah Mboi. Sedangkan Ali kemudian kembali menempati jabatannya semula yaitu sebagai Wamenkes.

Untuk itu, Ali merupakan sosok yang dekat dengan sektor kesehatan. Dirinya kerap terlibat dalam bidang asuransi kesehatan, memiliki keahlian pada bidang kualitas pelayanan kesehatan, pengobatan keluarga, serta epidemiologi. []

Berita terkait
Profil Viktor S Sirait, 17 Oktober 1974 - 18 Februari 2021
Viktor S. Sirait telah berpulang pada Kamis, 18 Februari 2021.
Profil dan Fakta-fakta Cendekiawan Jalaluddin Rakhmat
Profil Jalaluddin Rakhmat beserta sederet fakta keilmuannya sebagai salah satu cendekiawan Indonesia. Penulis Buku Psikologi Komunikasi itu wafat.
Profil Firmanzah, Akademisi Eks Staf Khusus SBY Tutup Usia
Firmanzah adalah seorang akademisi yang kemudian diangkat menjadi Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi era Presiden Susio Bambang Yudhoyono (SBY).
0
Profil Ali Ghufron Mukti, Direktur Utama BPJS Kesehatan
Ali Ghufron Mukti baru saja dilantik sebagai Dirut BPJS Kesehatan oleh Jokowi, berikut profilnya.