UNTUK INDONESIA
Presiden Bolivia Evo Morales Mengundurkan Diri
Presiden Bolivia Evo Morales menyatakan mundur setelah militer memintanya menyerahkan jabatan.
Presiden Bolivia Evo Morales. (Foto: Antara/REUTERS/David Mercado)

Jakarta - Presiden Bolivia Evo Morales menyatakan mundur setelah militer memintanya menyerahkan jabatan.

Para sekutu Morales juga meninggalkannya di tengah gelombang protes soal sengketa pemilu, yang mengguncang negara Amerika Selatan itu, Minggu, (10/11/2019).

Morales yang berkuasa hampir 14 tahun menyatakan melalui siaran TV bahwa dia akan mengajukan surat pengunduran diri guna membantu memulihkan stabilitas, meski dia menyebut-nyebut kudeta sipil.

"Saya mundur, dengan mengajukan surat pengunduran diri saya kepada Majelis Legislatif," kata Morales, dikutip dari Antara, Senin, 11 November 2019.

Morales mengatakan bahwa itu merupakan kewajibannya sebagai presiden pribumi dan presiden semua rakyat Bolivia yang mengupayakan perdamaian.

Ia kemudian mencuit di Twitter, "Saya ingin rakyat Bolivia tahu bahwa saya tidak memilik alasan melarikan diri, mereka harus membuktikan bahwa saya mencuri sesuatu."

Wakil Presiden lvaro Garc­a Linera juga mundur

Kepergian Morales, ikon sayap kiri sekaligus penyintas terakhir dari "pink tide" Amerika Latin dua dekade lalu, tampaknya bakal mengirimkan gelombang kejut di seluruh kawasan pada saat para pemimpin berhaluan kiri kembali berkuasa di Meksiko dan Argentina.

Sejumlah sekutu berhaluan kiri Morales di Amerika Latin mengecam kebalikan peristiwa itu sebagai kudeta, termasuk Presiden Venezuela Nicolas Maduro dan Presiden Argentina Alberto Fernandez.

Bolivia di tangan Morales mengalami salah satu tingkat pertumbuhan ekonomi tertinggi di kawasan tersebut dan tingkat kemiskinan pun menurun, meski tekadnya untuk untuk berpegang teguh pada kekuasaan dan mengupayakan masa jabatan ke empat menjauhkan banyak sekutu, bahkan di kalangan komunitas pribumi.

Tekanan mengimpit Morales sejak dinyatakan menang dalam pemilu 20 Oktober.

Jenderal Williams Kaliman, Kepala Angkatan Bersenjata Bolivia, pada Minggu pagi mengungkapkan militer meminta Morales mundur guna membantu memulihkan perdamaian dan stabilitas seusai aksi protes sengketa pemilu selama beberapa pekan.

Kaliman menuturukan militer menyeru rakyat Bolivia agar tidak terpancing terhadap aksi kekerasan dan kerusuhan. []

Berita terkait
365.000 Pengungsi Pulang ke Suriah
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan 365.000 pengungsi Suriah telah kembali ke negaranya.
Turki dan Rusia Bahas Suriah Via Telepon
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Rusia Vladimir Putin membahas hubungan bilateral dan perkembangan regional melalui telepon.
Turki akan Pulangkan Jihadis ISIS ke Negara Asalnya
Turki akan segera memulangkan kelompok jihadis ISIS ke negaranya masing-masing. Rencana itu akan dilaksanakan mulai awal pekan depan.
0
Perkembangan Kasus Ade Armando Soal Meme Joker Anis
Ade Armando diperbolehkan mengajukan saksi ahli untuk menguatkan pembelaan terkait kasus unggahan meme Joker Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.