Vokasi Kemdikbud

Prajurit Korem 011/Lilawangsa Aceh Bawa Botol Air Minum

Danrem 011/Lilawangsa, Aceh, minta prajurit selalu bawa air minum dalam botol air minum tidak sekali pakai agar tidak menambah sampah plastik
Protap bagi prajurit TNI di wilayah Korem 011/Lilawangsa, Aceh, selalu membawa air minum dalam botol minuman yang tidak sekali pakai. Prajurit manfaatkan istirahat saat olahraga rutin setiap pagi di Lapangan Jenderal Sudirman, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumaweme, Aceh (Foto: Tagar/Laung)

Lhokseumawe – Salah satu solusi menjaga kebersihan lingkungan dan mencegah kerusakan alam akibat sampah plastik, upayanya dilakukan oleh anggota TNI Korem 011/Lilawangsa, Aceh dan Satuan Dinas Jawatan (Disjan) Lhokseumawe. Solusi dikemas dalam protap yaitu selalu membawa botol air minum ketika dinas.

Dua tujuan dianjurkan setiap prajurit TNI dan ASN membawa air minum dalam botol air minum tidak sekalai pakai saat melaksanakan dinas. Manfaat pertama adalah mencukupi konsumsi air putih pada tubuh manusia. “Dalam kondisi normal, tubuh kita membutuhkan sekitar dua liter asupan cairan agar dapat bekerja lebih optimal, apalagi jika beraktifitas fisik, tentunya lebih dari itu,” kata Komandan Korem (Danrem) 011/Lilawangsa, Aceh, Kolonel Inf Sumirating Baskoro.

Danrem Baskoro mengingatkan, “Rajin minum air putih juga merupakan salah satu gaya hidup sehat, apa lagi setiap prajurit TNI wajib melaksanakan olahraga sebelum melakukan aktivitas kantor atau kegiatan lainnya.”

botol minuman2Protap bagi prajurit TNI di wilayah Korem 011/Lilawangsa, Aceh, selalu membawa air minum dalam botol minuman yang tidak sekali pakai. Prajurit manfaatkan istirahat saat olahraga rutin setiap pagi di Lapangan Jenderal Sudirman, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumaweme, Aceh (Foto: Tagar/Laung)

Danrem mengungkapkan, konsumsi air putih masih dianggap kurang penting oleh sebagian orang, akaibatnya sering terjadi dehidrasi, seperti gangguan tenggorokan atau bibir kering, badan lemas, hingga menurunya suhu tubuh. “Selain itu, kurangnya komsumsi air dapat mengurangi tingkat konsentrasi dan aktivitas sehari-hari dapat terganggu,” ujar Danrem.

Manfaat kedua selalu membawa botol minuman yang tidak sekali pakai betujuan untuk mengurangi sampah plastik. Seperti sekarang ini banyak ditemukan tumpukan sampah plastik di wilayah Kota Lhokseumawe.

botol minuman3Protap bagi prajurit TNI di wilayah Korem 011/Lilawangsa, Aceh, selalu membawa air minum dalam botol minuman yang tidak sekali pakai. Prajurit manfaatkan istirahat saat olahraga rutin setiap pagi di Lapangan Jenderal Sudirman, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumaweme, Aceh (Foto: Tagar/Laung)

“Intruksi dengan membawa botol air minum masing-masing dari rumah, supaya tidak perlu lagi membeli air minum kemasan yang tentunya hanya akan menambah volume sampah plastik di sekitar kita,” ujar Danrem.

Ide itu untuk tahap awal dijalankan terhadap anggota Danrem 011/Lilawangsa sekaligus sebagai contoh kepada masyarakat sebagai solusi mencegah sampah plastik. “Dengan cara itu lingkungan tetap bersih dan udara tetap segar, selain itu, tanpa disadari secara otomatis kita sudah melakukan hidup sehat,” kata Danrem (laung). []

Berita terkait
Danrem 011/LW Aceh Tabur 10 Ribu Bibit Ikan Mas dan Nila
Danrem 011/Lilawangsa, Aceh, Kolonel Inf Sumirating Baskoro, katakan akan membuat tempat eco wisata berupa kolam pancing yang alami
0
PGN: Jumperline Tambak Lorok untuk Pasokan Gas Bumi Jawa Tengah
Perusahaan Gas Negara (PGN) resmikan Jumperline Tambak Lorok untuk tingkatkan fleksibilitas keandalan infrastruktur pasokan gas bumi Jawa Tengah.