Vokasi Kemdikbud

Danrem 011/LW Aceh Tabur 10 Ribu Bibit Ikan Mas dan Nila

Danrem 011/Lilawangsa, Aceh, Kolonel Inf Sumirating Baskoro, katakan akan membuat tempat eco wisata berupa kolam pancing yang alami
Danrem 011/Lilawangsa, Aceh, Kolonel Inf Sumirating Baskoro, menabur 10.000 bibit ikan mas dan ikan nila di tambak Asrama TNI Korem 011/LW, Cunda, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Aceh, 7 Juni 2021 (Foto: Tagar/Dok Korem 011/Lilawangsa, Aceh)

Lhokseumawe – Komandan Korem (Danrem) 011/Lilawangsa, Aceh, Kolonel Inf Sumirating Baskoro, mengatakan akan membuat tempat eco wisata berupa kolam pancing yang alami dan menyediakan berbagai kuliner dan warung kopi untuk masyarakat luas.

Hal itu dikatakan oleh Danrem usai menabur sebanyak 10 ribu bibit ikan mas dan ikan nila di Kolam Asrama TNI-AD Cunda, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Aceh, 7 Juni 2021, pagi.

Inisiatif Danrem untuk memanfaatkan lahan kosong yang terlantar menjadi bernilai ekonomis. Eco wisata kelak bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas untuk menyalurkan bakat hobi memancing ikan. Ikan yang didapat kemudian ditimbang dan dibayar sesuai harga. Selain nilai hiburan juga bernilai ekonomis untuk meningkatkan pendapatan bagi prajurit yang mengelola usaha tersebut.

Kreativitas yang bernilai produktif dilakukan oleh Danrem Baskoro dengan memanfaatkan lahan yang tidak digunakan, kemudian akan diubah sebagai tempat usaha mandiri, berguna bagi penambahan penghasilan bagi para prajurit TNI dan bermanfaat untuk masyarakat sekitarnya.

danrem lw tabut benih ikan3Danrem 011/Lilawangsa Kolonel Inf Sumirating Baskoro (tengah) didampingi Pasiter Korem 011/LW, Mayor Inf Jailani (kiri) dan Kasrem 011/LW Letkol Letkol Czi M. Ridha Has (kanan) ketika menabur bibit ikan mas dan ikan nila di tambak Asrama TNI Korem 011/LW, Cunda, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Aceh, 7 Juni 2021 (Foto: Tagar/Dok Korem 011/Lilawangsa, Aceh)

Selain itu, disediakan tempat rekreasi wisata bersama keluarga, kafe, warung kopi sesuai kearifan lokal di kawasan Kota Lhokseumawe sekaligus menyalurkan bakat memancing.

Diketahui bersama, Indonesia bahkan seluruh negara di Dunia mengalami tantangan terberat dalam beberapa tahun saat ini yakni dengan pandemi virus corona (Covid-19) yang melanda semua lini kehidupan sehingga sangat dirasakan oleh masyarakat menengah ke bawah.

Alhasil, berimbas pada perekonomian masyarakat yang merosot tajam, bahkan tidak sedikit yang menjadi pengangguran.

Danrem Baskoro berinisiatif memanfaatkan lahan tidur yang ada, kemudian akan disulap menjadi lahan yang dapat menambah penghasilan prajurit, serta membuka lapangan pekerjaan baru bagi warga sekitar.

Selain Danrem, kegiatan penaburan 10 ribu bibit ikan mas dan ikan nila turut dihadiri dan dilakukan bersama, Kasrem 011/LW Letkol Czi M. Ridha Has dan Pasiter Korem 011/LW (laung). []

Berita terkait
Danrem 011/LW Aceh Dukung Pengetatan Protokol Kesehatan
Danrem 011/LW ikuti Rakor Tingkat Menteri Penegakan Disiplin Prokes dan Penanganan Covid-19 melalui video conference
0
Danrem 011/LW Aceh Tabur 10 Ribu Bibit Ikan Mas dan Nila
Danrem 011/Lilawangsa, Aceh, Kolonel Inf Sumirating Baskoro, katakan akan membuat tempat eco wisata berupa kolam pancing yang alami