UNTUK INDONESIA
Polres Bukittinggi Sebar 420 Personel Amankan Gereja
Selain melakukan pengamanan di empat gereja, Polres Bukittinggi juga akan fokus pengamanan di beberapa lokasi objek wisata.
Kapolres Kota Bukittinggi, AKBP Iman Pribadi Santoso. (Foto: Dokumentasi/Tagar/Muh Aidil)

Bukittinggi - Polres Bukittinggi mengerahkan 420 personel untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang tergabung dalam Operasi Lilin 2019. Selain itu, pengamanan juga melibatkan stakeholder terkait dan mendirikan beberapa pos pengamanan.

Kapolres Kota Bukittinggi, AKBP Iman Pribadi Santoso, mengatakan selain pengamanan di empat gereja, pihaknya juga akan fokus pengamanan di beberapa lokasi objek wisata.

"Kita tidak boleh underestimate, tetap antisipasi dari berbagai segala macam ancaman. Termasuk teroris. Pasukan Brimob kita minta penebalan," kata Iman, Rabu 18 Desember 2019.

Diprediksi Kota Bukittinggi akan menjadi salah satu lokasi tujuan masyarakat mulai asal Sumatera Barat (Sumbar) maupun luar saat libur natal hingga malam pergantian tahun.

Kita tidak boleh underestimate, tetap antisipasi dari berbagai segala macam ancaman.

Maka dari itu, Iman mengungkapkan, pihaknya akan bekerja ekstra memberikan keamanan dan rasa nyaman bagi masyarakat.

"Apabila wisatawan meningkat, akan ada sistem buka tutup apabila terjadi kepadatan kendaraan. Fokus kita dalam pengamanan di sekitar objek wisata Jam Gadang dan Lapangan Kantin," katanya.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto, mengungkapkan secara keseluruhan sebanyak 6.055 personel akan terlibat dalam pengamanan Operasi Lilin. Dengan Rinciannya personel Polri 3.405 kemudian personel TNI dan instansi samping 2.650.

"Selain itu juga dibentuk sebanyak 66 posko, yakni 40 pos pengamanan, 25 pos pelayanan, dan 1 pos terpadu. Personel tersebut ditempatkan di posko-posko yang telah disediakan. Personel yang bertugas harus meningkatkan kewaspadaan," katanya.

Untuk pengamanan di gereja, kata Satake Bayu, pihaknya akan memperketat dengan melakukan pengamanan terbuka dan pengamanan tertutup. Pengamanan ini untuk memberikan rasa aman, nyaman masyarakat beribadat.

"Personel polisi juga melakukan sterilisasi di gereja. Dilakukan sebelum pelaksanaan ibadat oleh tim penjinak bahan peledak Brimob, serta menurunan anjing pelacak," tuturnya. []

Berita terkait
Polres Dharmasraya Amankan 3 Ton Diduga BBM Ilegal
BBM bersubsidi jenis solar tersebut diamankan pada Selasa 17 Desember 2019 dini hari dan akan diselundupkan ke Jambi.
Honorer Tewas Terlindas di Jalan Solok - Bukittinggi
Seorang pegawai honorer di Kabupaten Solok, Sumatera Barat, tewas usai menabrak mobil.
Pelajar di Padang Ditahan Usai Tabrak Pejalan Kaki
Seorang pelajar di Kota Padang, Sumatera Barat, menabrak pejalan kaki yang sedang menyeberang jalan.
0
Puluhan Hektare Sawah di Pessel Diserang Hama Tikus
Hama tikus menyerang puluhan hektare sawah masyarakat di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.