Polisi Segera Periksa Anggota Tim Mawar berinisial F
Polisi akan memeriksa anggota Tim Mawar berinisial F. Di kerusuhan 21-22 Mei 2019, F diduga terlibat pengerahan massa.
Kadiv Humas Polri Muhammad Iqbal saat memberikan keterangan. (Foto: Antara/Syaiful Hakim)

Jakarta - Pihak Kepolisian akan melakukan pemeriksaan terhadap anggota Tim Mawar berinisial F. Di kerusuhan 21-22 Mei 2019, F diduga terlibat pengerahan massa.

"Kami akan panggil saudara F karena sudah disebut namanya di dalam BAP. Disebut oleh salah seorang tersangka," kata Kadiv Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal dalam jumpa pers di Media Center Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa, dilansir dari Antara.

Memang Saudara F sudah disebut namanya oleh salah satu tersangka berinisial MN atau banyak yang menyebutnya Kobra Hercules.

F yang dimaksud adalah Letnan kolonel (Purnawirawan) Fauka Noor Farid yang dulu menjadi anggota Tim Mawar. Tim yang dipimpin oleh Prabowo saat masih di Kopassus itu aktif dari tahun 1997-1999 dan tugasnya menculik para aktivis pro demokrasi.

Pemeriksaan terhadap Fauka, menurut Iqbal, berhubungan dengan pengakuan Kobra Hercules, yang sudah ditetapkan sebagai tersangka kerusuhan itu.

"Untuk melakukan proses hukum terhadap kasus terkait, ya, kita tidak spesifik menyebut tim, tapi informasi itu akan kita dalami. Memang Saudara F sudah disebut namanya oleh salah satu tersangka berinisial MN atau banyak yang menyebutnya Kobra Hercules," tutur Iqbal.

Dalam laporan Majalah Tempo edisi 10 Juni 2019, mantan anggota Tim Mawar Fauka Noor Farid diduga terkait dengan aksi kerusuhan 22 Mei. Politisi Gerindra itu disinyalir juga berada di sekitar Gedung Bawaslu saat kerusuhan.

Fauka memilih pensiun dini dengan pangkat terakhir letnan kolonel. Dia terjun ke dunia politik dengan mendukung Prabowo di pemilu presiden 2014 dan 2019.

Alibi Fauka Dipatahkan

Mengenai dugaan Fauka Noor Farid berada di sekitar lokasi kerusuhan, dia beralibi kalau sedang ada janji bertemu dengan temannya yang menjadi anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Saat dikonfirmasi, Komandan Paspampres yang juga satu angkatan dengannya, Mayor Jenderal Maruli Simanjuntak, mengatakan pada hari itu dia tidak bertemu dengan Fauka. Maruli menyatakan, sejak siang dia mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi). []

Baca juga:

Berita terkait
0
Foto: Main di Kandang, Persib Ditahan Tim Juru Kunci
Tim asal Jawa Barat Persib Bandung harus puas dengan hasil imbang usai ditahan juru kunci Semen Padang dengan skor 1-1.