UNTUK INDONESIA
Polda Banten Pastikan Pilkades di Lebak Kondusif
Pastikan Pilkades aman, Polda Banten melakukan pengecekan di 10 desa dalam tujuh Kecamatan yang menggelar Pilkades serentak.
Kabid Humas Polda Banten Komisaris Besar Polisi (Kombes) Edy Sumardi saat meninjau lokasi pemilihan kepala Desa, Selasa 22 Oktober 2019. (Foto: Tagar/Moh Jumri)

Banten - Polda Banten melakukan pengecekan dan tinjauan di 10 desa di tujuh kecamatan yang melaksanakan Pilkades serentak di Kabupaten Lebak, Selasa 22 Oktober 2019. Pengecekan dilakukan Kabid Humas Polda Kombes Pol Edy Sumardi selaku Pamatwil bersama Kepala Operasi (Karo Ops), Kepala Sumber Daya Manusia (Karo SDM) dan Direktur Pembinaan Masyarakat (Dir Binmas).

Dari 10 desa yang melaksanakan pilkades serentak tersebar di tujuh kecamatan. Desa yang mengikuti pilkades yaitu Desa Rangkasbitung Timur (Kecamatan Rangkasbitung), Margaluyu, Sukamarga, Jalupang Girang, Kaduhauk (Kecamatan Banjarsari, Watisari (Kecamatan Leuwidamar), Cidadap (Kecamatan Curugbitung), Situregen (Kecamatan Panggarangan), Sawarna dan Sawarna Timur (Kecamatan Bayah).

Selaku Pamatwil, Kabid Humas Kombes Pol Edy Sumardi menyampaikan kegiatan pengamatan dan pengawasan ini untuk memberi motivasi, dan dorongan serta memantau pelaksanaan tahap pungutan suara. Pihaknya berharap penyelenggaraan kegiatan pilkades serentak di Kabupaten Lebak berjalan aman dan kondusif.

Petugas keamanan yang diturunkan dari Polri dan TNI mencapai 385 personel, terdiri dari Polri sebanyak 285 personel dengan dibantu TNI dan sebanyak 100 personel Brimob Polda Banten

"Insya Allah, dengan adanya keberadaan Polri di tengah masyarakat, akan membuat kepercayaan masyarakat tinggi dalam melaksanakan pencoblosan untuk mencari pemimpin di desa tempat tinggalnya," kata Edy menerangkan

Ada pun kegiatan yang dilaksanakan Pamatwil, yaitu mengecek kegiatan pengamanan logistik pilkades, mengecek kesiapan personel dan terjun langsung menyaksikan pelaksanaan pemungutan suara dengan personel Pam melekat di TPS. Warga pun denhgan antusias sangat besar melakukan pencoblosan pemilihan kepala desa.

"Petugas keamanan yang diturunkan dari Polri dan TNI dengan jumlah 385 personel, terdiri dari Polri sebanyak 285 personel dengan dibantu TNI dan sebanyak 100 personel Brimob Polda Banten. Alhamdulillah, pelaksanaan pengamanan pilkades terlaksana dengan aman dan kondusif," ujar Edy.

Sementara itu, Guruh Adiriyadi, 27 tahun, warga di Desa Rangkabitung Timur mengapresiasi pengamanan yang disiagakan Polda Banten. Menurutnya pilkades menjadi sangat kondusif dan nyaman, 

"Kami yang melakukan pemilihan kepala desa, sangat terbantu keamanan yang diberikan kepolisian. Semoga tak ada gangguan kerusuhan di Lebak," kata Guruh. []

Baca juga:

Berita terkait
Kawal Pelantikan Jokowi, 850 Massa Bara JP Banten Datang ke Jakarta
DPD Bara JP Provinsi Banten akan berangkat ke Jakarta dengan 17 bus dan 850 relawan menyambut pelantikan Jokowi-Maruf Amin.
Jelang Pelantikan Jokowi-Maruf Amin, Banten Siaga
Pimpinan Apel Danyon Mandala Yudha di Lebak, Banten, siagakan personel gabungan jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Jokowi-Maruf Amin.
Akses Utama dan Strategis Banten-Jakarta Dijaga Ketat
Polda Banten sendiri untuk pengamanan dan menjaga suasana kondusif menurunkan pasukan sebanyak 1.500 pasukan lengkap.
0
Rumah Dinas Direhab, Kinerja Kejari Dairi Diragukan
Kinerja Kejaksaan Negeri (Kejari) Negeri Dairi khususnya dalam penanganan kasus hukum yang menyangkut Pemerintah Kabupaten Dairi, diragukan.